Mengenal Kurva Dalam Fotogafi - Anis Muafiyah
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Kurva Dalam Fotogafi

Yuk gaes belajar mengenal kurva dalam fotografi

Salah satu hal yang perlu untuk kita pahami dalam dunia fotografi yaitu kurva dalam fotografi. Sebelumnya, Perlu untuk diketahui dahulu jika kurva merupakan garis melengkung sebagai kontras terhadap garis lurus kaku. Di mana, kurva ini nantinya akan amat mempengaruhi dengan kualitas dari visualisasi gambar yang ditampilkan.

Pasalnya, bentuk kurva itu amat dinamis serta luwes sehingga jika kita harus pandai- pandai menyusun komposisi kurva dalam fotografi. JIka itu di lakukan maka dipastikan akan bisa memberikan hasil bidikan foto yang sangat menarik serta unik. 

Tidak cuma itu saja, berkat adanya kurva itu maka secara tidak langsung bidikan foto yang bakal kita ambil juga akan membagikan kesan yang lebih alami. Dengan begitu, tidak heran bila kurva dalam fotografi ini perlu untuk kita pelajari lebih jauh untuk mendapatkan hasil jepretan foto yang bernilai seni tinggi. 

Mengenal Kurva dalam Fotografi

Untuk sebagian besar fotografer kawakan, kurva dalam fotografi ini menandakan keluwesan, dinamisme, dan kesan kelembutan. 

Bukan tanpa alasan mengingat kurva ataupun garis melengkung pada obyek foto yang kita bidik ini bisa kita dapatkan di sekitar kita. 

Contoh dari kurva ini seperti garis pantai, konstruksi bangunan, jalan raya, rel kereta, ujung- ujung daun sampai dengan pose tubuh model.

Jadi dapat kita simpulkan kalau kurva dalam fotografi ini amat mudah kita temui di lingkungan sekitar kita di mana fokusnya terpaku pada keseimbangan garis lengkung dari obyek foto yang kita bidik. Lalu, gimana sih caranya menerapkan seni gambar kurva ini? 

Nah, untuk uraian lebih detail, ikuti saja ulasan mengenai kurva 

Kurva dalam fotografi

Kurva dalam Fotografi 

Curva dalam fotografi pantai



Sebagai fotografer pemula, tentunya masih belum begitu memahami apa itu kurva dalam fotografi. 

Nah, Dalam kesempatan kali ini, saya akan bahas secara detail mengenai kurva yang dalam hal ini berhubungan erat dengan fotografi. Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa kurva dalam fotografi ini ialah suatu garis melengkung dari bidikan obyek foto yang akan didapat.

Di mana, garis melengkung ataupun curva di sini beragam dan terdapat banyak di sekitar area kita. 

Pasti, dengan banyaknya kurva dalam fotografi yang sangat beraneka ragam ini bakal membuat kita mudah dalam memastikan obyek yang nantinya bakal dibidik.

Di samping itu, komponen kurva dalam fotografi pun juga dapat berbentuk obyek elemen alami seperti garis pantai, aliran sungai, ujung dedaunan, kelopak bunga, dan lain- lain. 

curva dalam fotografi model


Sementara itu, untuk bagian kurva dengan obyek buatan dapat berupa jalan layang, tangga, sudut jam dinding, diagram, busur panah, dan sebagainya. 

Dengan bermacam macam kurva dalam fotografi yang begitu banyak di sekitar kita maka akan membuat cara belajar fotografi ini jadi sangat mudah. 

Dengan begitu, tidak ada alasan buat tidak mencoba membidik kurva untuk memperoleh hasil jepretan foto yang lebih mempesona dan dinamis. 

Tidak cukup sampai di situ saja, kurva dalam fotografi juga perlu untuk dimengerti sebagai salah satu teknik seni foto yang lebih mengutamakan pada sudut pandang garis lengkung.

Maka dari itu, saat sebelum mengambil gambar, pastinya untuk mendapatkan hasil bidikan foto ini maka kamu perlu memastikan titik fokus serta posisi yang cocok untuk memperoleh jepretan gambar. 

Alasannya, kurva dalam fotografi ini bakal amat mempengaruhi pada hasil bidikan gambar. Oleh karena itu untuk memperoleh hasil pemotretan kurva yang sempurna maka perlu latihan secara berulang supaya naluri fotografinya semakin tajam. 

Nah, itulah sedikit penjelasan singkat dari apa itu kurva dalam fotografi. Mudah- mudahan keterangan di atas mampu jadi sumber referensi wawasan untuk kamu yang baru berlatih fotografi. 


Tetap semangat belajar yah gaes