Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Biarkan Stres Menganggu Hidup, Begini Cara Menghilangkan Stres

Sebagai seseorang manusia yang mempunyai segudang aktivitas yang lumayan padat, mengalami beban pikiran ataupun stress merupakan hal yang cukup biasa.

Stress fisik serta psikologis merupakan salah satu reaksi wajar terhadap suatu keadaan. Sedikit stress bisa jadi baik untuk bisa memotivasi supaya dapat tampil dan hidup lebih baik.

Cara Menghilangkan Stres


Namun hadapi stress yang berlebihan serta berlangsung dalam jangka waktu lama, seperti duduk lama di tengah kemacetan, mengejar deadline, Sampai bekerja sampai larut malam bisa mendorong seorang melampaui kemampuan mengendalikan stress yang seharusnya.

Apabila hal tersebut dibiarkan berlarut bisa memunculkan tidak cuma permasalahan psikologis, namun juga bisa memunculkan permasalahan fisik.


Dampak Stres

Dampak Stres


Tahukah jika tekanan pikiran yang berkepanjangan dapat merangsang bermacam penyakit? Kala stress ataupun tekanan timbul, otak yang dilengkapi dengan sistem alarm buat proteksi badan akan segera bekerja.

Sehabis stress hilang, seharusnya hormon tersebut kembali ke kondisi wajar serta tubuh juga bakal relaks. Sayangnya, tekanan pikiran serta tekanan yang terjadi tanpa henti membuat sistem alarm sebagian orang jarang dimatikan.

Seiring waktu stress kronis ataupun stress yang berkelanjutan bisa memunculkan bermacam penyakit. 


Hormon Stres

Hormon Stres


Kala stress ataupun tekanan datang, otak akan memberikan sinyal untuk melepaskan hormon kortisol serta adrenalin yang membuat kerja jantung jadi lebih cepat, sehingga nadi serta tekanan darah bakal meningkat. Hormon- hormon ini pula yang dapat membuat  jadi merasa gampang capek.

Hormon adrenalin yang besar baik buat keadaan sementara, tetapi meningkatnya hormon adrenalin yang sangat sering bisa menimbulkan pembuluh darah rusak,

tekanan darah tinggi, ataupun hipertensi. Bahkan, dapat tingkatkan resiko lebih besar terserang serangan jantung, stroke, sakit kepala, kecemasan, tidak bisa tidur, sampai penambahan berat badan.

Sedangkan hormon kortisol yang bertambah tinggi terlalu lama juga bakal berakibat negatif. 

Antara lain bisa menimbulkan penambahan berat badan, tekanan darah tinggi, permasalahan tidur, merasa kekurangan energi berkepanjangan, merangsang munculnya diabetes tipe 2, mempercepat timbulnya osteoporosis, gangguan memori serta gangguan mood, pada akhirnya bisa memicu depresi. 

Tidak hanya itu, bisa juga menimbulkan melemahnya sistem imunitas tubuh sehingga membuat kamu jadi lebih rentan terhadap infeksi.

Supaya stress tidak semakin berat ataupun memunculkan permasalahan kesehatan, penting untuk tiap orang untuk dapat kurangi serta mengatur stress dengan baik. 


Cara Menghilangkan Stres


Sebetulnya terdapat banyak cara buat mengatasi stress serta tekanan yang sedang dirasakan. Hal yang bisa kamu lakukan yaitu mencari tahu pemicu stress yang timbul. Dengan begitu bisa mencari jalan keluar serta pemecahan terhadap stress tersebut, supaya bisa lekas teratasi dengan baik serta tepat.


Namun, apabila stress belum bisa teratasi, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan buat kurangi stress tersebut. Berikut hal yang bisa kamu lakukan:

  • Bicarakan keluhan dengan seorang yang bisa dipercaya.
  • Melaksanakan aktivitas yang sesuai dengan minat serta kemampuan.
  • Kembangkan hobi yang bermanfaat.
  • Tingkatkan ibadah serta mendekatkan diri pada Tuhan.
  • Berpikir positif.
  • Tenangkan pikiran dengan relaksasi.


Jagalah kesehatan dengan berolahraga ataupun aktivitas fisik dengan teratur, tidur cukup, makan makanan yang bergizi, dan biasakan hidup bersih serta sehat.

Bila sehabis melaksanakan berbagai berbagai cara menanggulangi stress tersebut, kamu masih hadapi tekanan atau bahkan stress semakin buruk serta mulai mengganggu aktifitas tiap hari dan mempengaruhi kesehatan, jangan takut untuk meminta bantuan dan bertanya pada ahlinya, ya. 

Semoga Bermanfaat, jangan lupa baca artikel yang lain di blog ini yah.