Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Niacinamide Untuk Perawatan Kulit Dan Efek Sampingnya Untuk Wajah

Niacinamide jadi salah satu bahan perawatan kulit ataupun skin care yang sangat banyak dicari serta digunakan saat ini. 

Zat ini dipercaya sanggup mengatasi jerawat, mengecilkan pori- pori wajah, sampai mengurangi garis halus serta kerutan di wajah.

Niacinamide merupakan salah satu bentuk vit B3. Zat ini terdapat dalam bermacam makanan, seperti kacang- kacangan, sayur- mayur hijau, telur, susu, ikan, daging, serta ragi. Minimnya asupan niacinamide bisa menimbulkan gangguan pada otak, ginjal, serta kulit.

Manfaat Niacinamide Untuk Perawatan Kulit Dan Efek Sampingnya Untuk Wajah


Tetapi untuk menjaga kulit, kamu juga dapat memakai produk perawatan kulit yang memiliki niacinamide. Kamu dapat mendapatkan niacinamide dalam produk toner, serum, masker sampai moisturizer.

Terus sebenarnya seperti apa manfaat dari niacinamide buat kesehatan kulit? 

Berikut manfaat niacinamide


Mengatasi jerawat

Niacinamide bisa membantu kamu menangani jerawat yang parah, terutama bentuk jerawat yang alami inflamasi parah seperti papula dan pustula. Seiring waktu, pemakaian niacinamide bisa membuat tekstur kulit yang berjerawat jadi lebih baik.


Melindungi dari radikal bebas

Melindungi dari polusi, sinar matahari dan zat berbahaya merupakan salah satu manfaat niacinamide. Tidak hanya itu, niacinamide juga memberikan efek antioksidan dan bisa memperbaiki DNA kulit yang rusak.


Mengatasi Hiperpigmentasi

Bintik hitam ataupun noda hitam kerapkali membuat penampilan kulit jadi tidak optimal. Tetapi, beberapa riset menemukan kalau konsentrasi niacinamide sebesar 5 persen bisa membantu menyembunyikan bintik hitam di kulit.


Kurangi Kerutan

Beberapa Riset juga menemukan jika niacinamide dapat mengurasi garis halus di wajah yang timbul akibat  cahaya matahari. Kerutan akibat penuaan juga bisa dikurangi dengan pemakaian niacinamide.


Mengendalikan produksi minyak wajah dan mengecilkan pori- pori

Pori- pori pada kulit wajah berminyak umumnya nampak lebih besar. Niacinamide bisa mengecilkan pori pori dengan cara mengontrol produksi minyak berlebih oleh kelenjar sebaceous di kulit wajah.


Tingkatkan Kesehatan Kulit

Niacinamide mempunyai kemampuan untuk membangun keratin pada kulit. Keratine ialah protein yang bisa membuat kulit kencang serta sehat. Sehingga memakai niacinamide bisa membantu kamu mempunyai kulit yang lebih sehat serta terawat.


Menjaga Kelembapan Kulit

Kandungan niacinamide juga bisa berfungsi sebagai penghalang lemak( lipid barrier) sehingga kelembapan kulit terpelihara dengan baik. Kemampuan niacinamide yang satu ini membuatnya cocok digunakan pada semua tipe kulit. Termasuk kulit yang mempunyai kondisi eczema.


Cara Memilih Produk yang Mengandung Niacinamide

Cara Memilih Produk yang Mengandung Niacinamide


Ada beberapa produk skincar yang menuliskan niacinamide sebagai niacin ataupun nicotinamide. Apabila Kamu ingin mendapatkan manfaat dari niacinamide, seperti menghilankan noda hitam, memilih produk skincare dengan kandungan niacinamide sebesar 5%.

Tetapi, apabila kulit Kamu terkategori sensitif, memilih produk dengan kandungan niacinamide yang lebih rendah. Kandungan niacinamide sebesar 2% sudah mampu menanggulangi permasalahan kulit, seperti eksim.


Tidak hanya memakai produk perawatan yang memiliki niacinamide, Kamu juga dapat mempraktikkan cara- cara berikut ini supaya kulit Kamu selalu sehat serta bebas dari permasalahan kulit:

  • Mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih yang cukup
  • Mengoleskan tabir surya secara teratur, terutama dikala beraktifitas di luar ruangan
  • Tidak merokok dan menjauhi asap rokok
  • Cuci wajah setelah bangun tidur, saat sebelum tidur, serta setelah berkeringat
  • Memakai produk perawatan sesuai tipe kulit
  • Mengendalikan stres
  • Komsumsi makanan yang bergizi


Efek Samping Niacinamide

Efek Samping Niacinamide


Secara umum niacinamide merupakan kandungan skincare yang aman untuk digunakan. Tetapi apabila kamu mempunyai alergi, ada kemungkinan kamu hadapi reaksi alergi. 

Ini sebab niacinamide bisa menimbulkan tubuh melepaskan histamin, ialah zat kimia yang dibuat oleh sel- sel tubuh ketika mengalami reaksi alergi.

Untuk menghindari reaksi alergi, kamu dapat mengoleskan sedikit produk niacinamide yang kamu memiliki ke area lengan bawah dan tunggulah hingga 24 jam. Apabila kamu hadapi reaksi seperti kemerahan, gatal, ataupun bengkak, cuci area tersebut serta hentikan pemakaian niacinamide.

Tetapi bila kamu tidak melihat tanda- tanda tersebut, berarti produk niacinamide dapat kamu pakai serta aman di kulit. Nah, sudah tahu kan deretan khasiat dari niacinamide? Saat sebelum memakai produk perawatan kulit, selalu pastikan jika kamu mengerti kandungan serta bahan- bahan di dalamnya ya.