Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cepat Menghilangkan Bekas Luka

Pada saat kamu terluka, lalu luka tersebut kamu obati dan kemudian sembuh. Namun, sisa luka yang ditinggalkan masih akan tertinggal pada permukaan kulit. adanya sisa luka dapat mengusik penampilan sebab membuat kulit jadi tidak mulus. 

Tidak perlu takut, sebab ada beberapa tips mudah cara menghilangkan bekas luka dengan cepat yang dapat kamu coba berikut ini.

Pastikan Senantiasa Menjaga Kelembaban Area Bekas Luka

Cara Cepat Menghilangkan Bekas Luka


Seorang yang terluka wajib melindungi kelembaban area kulit sekitar luka. Hal ini sendiri, dilakukan buat membantu mempercepat proses pengobatan. Alasannya, kulit yang lembab bakal menghentikan luka lebih cepat serta menghindari luka bertambah parah.

Untuk menghilangkan sisa luka ini kamu dapat melembabkan area kulit memakai krim emolien, salep, lotion, minyak kelapa, petroleum jelly, dll.

Bahan- bahan ini pula sanggup membantu menanggulangi jaringan parut serta rasa gatal pada sisa luka.


Jangan Mengelupas Bekas Luka

Jangan Mengelupas Bekas Luka


Umumnya, orang yang memiliki bekas luka akan malu dengan penampilannya serta berupaya buat mengelupas koreng sisa luka. 

Tetapi, mengerti kah kamu mengelupas bekas luka yang telah mengering dan terkadang memunculkan rasa gatal ini malah bakal memperlambat proses penyembuhan serta menimbulkan luka baru?

Tidak cuma itu, mengelupas bekas luka juga berisiko besar buat mendatangan infeksi, pembengkakan, serta rasa sakit bertambah pada area dekat luka. 

Buat mengatasi hal ini, cobalah untuk membilas koreng dengan air hangat untuk meminimalisir rasa gatalnya.

Kompres dengan Air Hangat

Kompres dengan Air Hangat


Tips mudah menghilangkan bekas luka berikutnya adalah dengan mengompresnya memakai air hangat. 

Kompresan memakai air hangat ini akan membantu meningkatkan peredaran darah serta oksigen, sehingga membantu serta mempercepat penyembuhan luka.

Tidak cuma itu, mengompres bekas luka dengan air hangat juga dapat mengurangi rasa sakit, kurangi infeksi, tingkatkan re- genarisi kulit, bahkan mencegah kulit kering. 

Sementara itu, kamu juga dapat mengompres bekas luka dengan air dingin buat kurangi pembengkakan serta menanggulangi rasa gatal.


Oles dengan Parutan Kunyit

Oles dengan Parutan Kunyit


Mengoleskan parutan kunyit pada sisa cedera ialah salah satu cara yang kerap digunakan oleh warga India, Pakistan, Malaysia, serta Indonesia. 

Kunyit yang ialah salah satu bumbu khas Indonesia ini, nyatanya memiliki zat antiseptik serta anti infeksi yang kuat. Terlebih bila kamu mengalami luka bakar.

Kunyit ini bakal mengeringkannya dengan cepat serta membuat luka terkelupas sendiri. 

Caranya juga lumayan mudah. Kamu cukup menghaluskan kunyit serta memblurkannya secara menyeluruh pada area kulit yang terluka.


Bawang Putih

Bawang Putih


Bahan yang kerap kita jumpai di dapur ini, nyatanya memiliki manfaat lain buat menghilangkan bekas luka dengan cepat. Terlebih buat luka bakar. 

Hal ini sendiri dikarenakan karena bawang putih memiliki zat anti infeksi yang sangat ampuh serta manjur buat menanggulangi luka bakar.

Kamu cukup oleskan bawang putih yang telah dihaluskan pada luka bakar. 

Ikatlah dengan kain bekas olesan bawang putih ini, supaya ekstraknya dapat menyerap serta optimal melenyapkan bekas luka. 

Bila kamu memilih cara ini, bisa jadi akan terasa sedikit panas di permukaan kulit. Buat itu, pastikan bila kamu memiliki tipe kulit yang tidak rentan alergi bila ingin menghilangkan bekas luka dengan bawang putih ini.


Seperti itu tips mudah menghilangkan bekas luka dengan cepat. Walaupun dengan cara alami, tetapi mesti kamu ketahui kalau masing- masing cara, memiliki efek samping yang berbeda. Untuk itu, pastiakan dulu untuk mengenali tipe kulit serta bahan yang dapat kamu pakai buat menghilangkan bekas luka ya.