Manfaat Bunga Telang Ungu Untuk Kecantikan - Anis Muafiyah
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Bunga Telang Ungu Untuk Kecantikan

Manfaat bunga telang ungu untuk kecantikan memang tak banyak yang tahu, Untuk itulah dalam artikel kali ini saya ingin membahasnya.

Manfaat Bunga Telang Ungu Untuk Kecantikan

Ada banyak cara memanfaatkan bunga telang ungu untuk kecantikan di antaranya di jadikan masker, face mist dan bahkan teh. 

Berikut manfaat bunga telang untuk kecantikan wanita

1. Mencerahkan Kulit

Perlu diketahui bahwa radikal bebas dan paparan sinar matahari dapat memicu perubahan dalam produksi melanin kulit menyebabkan warna kulit tidak merata.

Antioksidan dalam bunga telang ungu ini dapat membantu mencegah pigmentasi kulit yang tidak normal. Beberapa antioksidan, seperti kandungan dalam bunga telang seperti vitamin C berfungsi sebagai penghambat tirosinase (enzim yang merangsang produksi melanin).

2. Cegah Penuaan Dini

Kandungan antioksidan dalam bunga telang ungu tak hanya bisa menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker kulit namun juga efektif untuk cegah penuaan dini pada kulit. 

Jika Kandungan radikal bebas terlalu banyak di dalam kulit bisa mempercepat proses penuaan dini karena kurangnya produksi kolagen dan menghambat proses perbaikan kulit.

Di sinilah manfaat dari bunga telang ungu sebagai antioksidan dibutuhkan, yaitu dengan mencegah aktivitas oksidatif sel dan meregenerasi vitamin E supaya kulit mampu meningkatkan produksi kolagennya. 

3. Menenangkan kulit yang Iritasi

Sebuah studi yang dilakukan tahun 2018 tentang manfaat bunga telang dalam pengembangan masker wajah menemukan bahwa, bunga telang bisa membantu meredakan gatal dan iritasi pada kulit. 

Zat yang membuat warna ungu kebiruan dalam bunga telang memiliki sifat mendinginkan kulit. Sehingga kulit yang iritasi lebih terasa tenang.

4. Mengurangi Kemerahan pada kulit

Kemerahan pada wajah bisa disebabkan oleh beberapa hal, dari mulai iritasi, jerawat, ataupun karena kulit kering. Mengoleskan krim atau menggunakan masker yang mengandung bunga telang bisa membantu mengurangi kemerahan karena jerawat yang meradang, mengatasi kulit kering dan iritasi.

5. Cegah Kanker Kulit

Pada dasarnya, kulit yang cantik berasal dari kulit yang sehat. Salah satu manfaat bunga telang ungu yaitu bisa mencegah kanker kulit karena kandungan antioksidannya yang mampu berperan menangkal radikal bebas. Antioksidan dapat mencegah pembentukan dan menetralkan radikal bebas.

Beberapa antioksidan, seperti vitamin A, vit C, dan vit E, memiliki sifat antikarsinogenik yang bisa membantu mencegah timbulnya kanker. Tentunya, manfaat bunga telang ungu untuk kulit yang satu ini sangat bermanfaat.

Pada penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak bunga telang ungu dapat melindungi eritrosit dan kerusakan oksidatif. Hal inilah yang kemudian membuat ekstrak bunga telang efektif melindungi sel-sel kulit dari tekanan oksidatif.


6. Bisa Mencegah Obsesitas

Berat badan yang ideal bisa menambah daya tarik seseorang. Nggak heran jika banyak wanita melakukan diet supaya terlihat langsing. 

Dengan mengonsumsi teh bunga telang, kamu bisa mencegah obesitas. Bunga telang bermanfaat sebagai antiobesitas. Hal ini dipengaruhi oleh kemampuannya untuk menghambat adipogenesis (pembentukan jaringan lemak).

7. Menjaga kelembaban kulit

Bunga telang mampu mengembalikan kelembapan alami pada kulit. Bunga telang bisa meningkatkan retensi kelembapan serta membantu meningkatkan regenerasi sel kulit.

8. Memperkuat Struktur Kolagen

Kolagen adalah pencerah kulit alami. Namun, semakin bertambahnya usia, kandungan kolagen pada tubuh juga akan menurun. Ekstrak bunga telang dipercaya dapat memperkuat struktur kolagen dalam tubuh.

9. Sebagai Skin Barrier

Karena bunga telang ungu mengandung antioksidan nabati dan vitamin antioksidan seperti Vitamin A, vit C dan vit E, maka bunga telang bisa membantu memperkuat lapisan pelindung kulit atau biasa disebut dengan skin barrier. 

Skin barrier merupakan lapisan atas kulit yang disebut stratum korneum. Fungsinya untuk melindungi tubuh dari iritasi termasuk alergi dan bakteri.

Cara Mengolah Bunga Telang Ungu 

Cara Mengolah Bunga Telang Ungu


Setelah kamu tahu tentang manfaat bunga telang ungu untuk kecantikan tentunya kamu ingin merasakan manfaat dari bunga ini.

Untuk mendapatkan semua manfaat bunga telang kamu harus mengolahnya terlebih dulu, Berikut cara Mengolah bunga telah ungu

Cara Membuat Masker Bunga Telang Ungu

Siapkan beberapa lembar bunga telang ungu yang masih segar. Kemudian cuci bersih.

Setelah itu tumbuk bunga telang ungu sampai halus, Bunga telang pun sudah siap di jadikan masker wajah, Cukup oleskan merata pada wajah.

Agar hasilnya maksimal, Gunakan masker bunga telang ungu rutin dan imbangi dengan pemakaian skincare yang cocok untuk jenis dan permasalahan kulit kamu.

Cara Membuat Face mist dari Bunga Telang Ungu

Siapkan beberapa helai bunga telang dan 1 gelas air putih hangat.

Masukan bunga telang kedalam air hangat, tunggu beberapa menit sampai air berubah warna menjadi ungu. 

Kemudian masukkan air tersebut ke dalam botol spray kosong.

Untuk pemakian Face mist bunga telang tinggal semprotkan ke muka biarkan meresap ke kulit.

Cara Mengolah Bunga Telang Untuk Rambut Rontok

Rendam bunga telang ungu di dalam air kemudian campurdengan rosemary. Diamkan sampai air berwarna ungu lalu simpan di kulkas. 

Kamu bisa memakai kombinasi ini ke rambut yang sudah dikeramas sebelumnya dan Basahi rambut dengan air kombinasi sambil di pjiat secara perlahan lalu diamkan kurang lebih 30 menit. 

Itulah manfaat bunga telang ungu untuk kecantikan wanita, semoga bermanfaat dan jangan lupa share 😊.