Tanda Money Disorder, Salah Satunya Punya Banyak Hutang - Anis Muafiyah
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tanda Money Disorder, Salah Satunya Punya Banyak Hutang

Uang merupakan hal yang bisa memberikan banyak dampak dalam kehidupan, baik ataupun buruk. Mengelola keuangan sangat penting dilakukan, namun juga bukan sesuatu hal yang mudah buat diterapkan. Alasannya, ketika tidak pintar mengelola duit, kamu bisa alami kerugian yang memengaruhi fisik, mental, sampai hubungan dengan orang lain di sekitarmu.

Tanda Money Disorder


Apalagi ada kondisi yang disebut money disorder, yaitu kendala yang mempengaruhi cara pandang terhadap duit. Bagi seseorang perencana keuangan handal, Brad Klontz Psy. D., CFP, money disorder merupakan pola perilaku terus- menerus yang mengganggu diri sendiri dan menghalangi diri. Nah, apa saja tanda- tanda dari money disorder? Begini penjelasannya.

1. Merahasiakan Keadaan Keuangan dari Pasangan

Jika kamu telah mempunyai pendamping dan menikah, sudah sewajarnya kamu terbuka soal keuangan. Tetapi, di luar sana masih banyak pasangan yang enggan membuka kondisi keuangannya pada pasangan. Ketidakmampuan seorang buat terbuka permasalahan keuangan, terutama dalam jangka panjang juga dapat jadi ciri adanya kendala pemikiran terkait uang.

2. Tidak Bisa Diskusi Soal Uang

Diskusi soal duit memanglah bukan hal yang mudah dicoba. Tetapi, ini merupakan hal yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan. Bagi Allison Vanaski, CFP seseorang Senior Financial Planner, salah satu karakteristik orang yang memiliki money disorder soal keuangan ditandai dengan sikap mereka yang tertutup saat diajak diskusi soal uang.

3. Workaholic

Money disorder pula sangat identik berkaitan dengan ketidakseimbangan kondisi emosional serta spiritual. Bagi Erika Rasure, Ph. D., asisten prof di MBA online dalam program layanan keuangan di Universitas Maryville, sikap" workaholic" alias gila kerja adalah ciri utama lain dari gangguan uang. Orang- orang ini cenderung memusatkan segala kehidupannya pada proses menciptakan uang.

4. Memakai Uang buat Mendapat Validasi Orang lain

Yakin ataupun tidak, sebagian orang memakai duit buat memuaskan diri ataupun menemukan validasi dari orang lain. Bagi seseorang terapis handal, Agnes Kowalski, perilaku ini membuat seorang memproyeksikan kebutuhan intelektual serta emosionalnya ke dalam hal materi seperti uang. Sementara itu, duit tidak dapat mengambil alih cinta serta keintiman dalam menjalakan ikatan dengan sesama manusia. Sikap menghamburkan duit buat menemukan validasi orang lain juga kerap kali berakhir dengan rasa kecewa.

5. memiliki Banyak Hutang

Menggunakan metode pembayaran kredit buat membeli benda merupakan perihal yang normal. Apalagi, untuk sebagian orang memakai kartu kredit secara teratur bisa membantu mengendalikan pengeluaran mereka. Terlebih banyak promo yang ditawarkan dari kartu kredit. Tetapi, memakai kartu kredit serta menimbun hutang secara tidak terkendali juga dapat menunjukkan kalau seorang mempunyai gangguan. Terutama bila hutang bertumpuk hingga tidak mempunyai kemampuan buat membayar hutang tersebut.

6. Sulit Menolak Ketika Ada yang Meminjam Uang

Membantu orang dengan meminjamkan duit merupakan hal yang sah- sah saja dilakukan. Tetapi, jika kamu sampai wajib mempertaruhkan keadaan finansialmu demi membantu orang lain, kamu dapat jadi mempunyai ciri money disorder. Pada keadaan mental yang normal, umumnya seorang tidak bakal merasa bersalah buat menolak orang lain yang meminjam uang, tercantum sahabat dekat serta keluarga. Tetapi, pada realitasnya perihal ini merupakan salah satu yang cukup susah dilakukan.

7. Merasa Bersalah Memakai Uang

Money disorder ternyata bukan cuma dilihat dari gimana cara seseorang menghabiskan uang, tetapi juga gimana cara seorang mempertahankan duit yang dipunyai. Bagi Sean Messier, seseorang analis kredit handal ciri money disorder pula bisa dilihat dari ketidakmampuan seorang memakai duit tanpa rasa bersalah. Walaupun duit tersebut dalam jumlah kecil.

8. Bohong Soal Pengeluaran

Berbohong pada keadaan keuangan serta pengeluaran yang kamu memiliki merupakan salah satu ciri money disorder. Bahkan, dalam keadaan yang lebih ekstrim perihal ini dapat membuat seorang terlilit banyak hutang.


Telah tahu kan, apa saja tanda- tanda money disorder? Ayo pelan- pelan belajar untuk kelola dan perbaiki pandanganmu soal uang, sebab apabila dikelola dengan baik duit bisa memberikan banyak manfaat buat kehidupan sehari- hari.