Puncak Kota yang Memikat: Menjelajahi Keindahan The Peak, Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi - Anis Muafiyah
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Puncak Kota yang Memikat: Menjelajahi Keindahan The Peak, Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi

Semakin tinggi Anda mendaki, semakin banyak pemandangan yang terhampar di hadapan Anda. Setiap titik di The Peak membuka perspektif yang luar biasa dari Hong Kong dan menawarkan kesempatan yang melimpah untuk mengambil foto keren. 

Kunjungilah tempat-tempat ini pada waktu-waktu yang berbeda untuk menikmati pemandangan dengan pencahayaan yang berbeda pula. 

Berikut adalah tips rahasia: waktu terbaik untuk mengunjungi The Peak adalah menjelang senja. 

Anda bisa tenggelam dalam panorama menakjubkan dari pagi hingga malam, memberikan pengalaman yang benar-benar memikat hati. 

Temukan cara yang menarik untuk menikmati pemandangan terbaik yang ditawarkan oleh The Peak, mulai dari berbelanja, berrekreasi, bersantap, hingga mengabadikan momen-momen berkesan!

The Peak Tram



The Peak sering disebut sebagai tujuan wisata Hong Kong yang paling mengagumkan, bahkan perjalanannya sendiri tak kalah menarik. 

Dalam waktu sekitar 6 menit, Anda akan menanjak dari 33m ke 396m di atas permukaan air laut sepanjang trek 1.278m, memberikan pengalaman visual yang tak terlupakan saat gedung pencakar langit melintas dengan sudut yang tampak mustahil selama perjalanan naik Peak Tram. 

Tempat ini sempurna untuk mengambil video dan foto indah, jadi siapkan ponsel Anda dan tetaplah mantap saat merekam momen menakjubkan saat Anda melawan gravitasi di atas moda transportasi klasik ini. 

Dengan sejarahnya yang sudah lebih dari 130 tahun, Peak Tram mulai beroperasi pada tahun 1888 untuk melayani gubernur Inggris dan penduduk The Peak. Kini, jalur kereta kabel ini merupakan salah satu yang tertua di dunia dan dapat dinikmati oleh siapa pun. 

Trem ini menjadi salah satu tujuan wisata paling populer di Hong Kong, dengan lebih dari 6 juta orang penumpang yang mengunjunginya setiap tahun.

Peak Tram kini hadir dengan peningkatan besar-besaran setelah direnovasi. 

Desain eksterior gerbong generasi ke-6 ini dipersembahkan dalam warna hijau retro sebagai penghormatan kepada gerbong generasi ke-3 dan ke-4 yang ada pada era 1940-an hingga 1980-an. 

Perbaikan terbaru pada Peak Tram termasuk penggunaan jendela panorama yang lebih besar, sehingga penumpang dapat dengan mudah menikmati pemandangan cakrawala yang menakjubkan.

Untuk memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan, efisien, dan nyaman, Peak Tramways telah menyelesaikan proyek rehabilitasi yang besar. 

Proyek ini melibatkan penggunaan kereta trem yang sepenuhnya baru, penggantian seluruh sistem transportasi, kontrol, dan persinyalan, penggantian tali dan rel trek, serta perbaikan fasilitas Central dan Peak Termini untuk mengakomodasi gerbong trem baru yang memiliki kapasitas besar dan tampilan yang indah. 

Selain mengurangi waktu tunggu penumpang hingga 70%, pengunjung akan senang dengan pengalaman hiburan yang dinamis, menarik, dan segar. 

Pengalaman baru ini mencakup lima zona yang menakjubkan: Eye of Infinity, The Beating Heart, An Icon is Born, Once Upon a Tram, dan Go Wild at the Peak di Central Terminus.

The Peak Tower


Setelah menaiki Peak Tram, Anda akan tiba di Peak Tower, sebuah bangunan yang memiliki bentuk menyerupai wajan dan terkenal dengan Sky Terrace 428, sebuah platform untuk menikmati pemandangan. Sky Terrace ini berdiri tegak di ketinggian 428 meter di atas salah satu kota paling memukau di dunia. 

Ajak orang terkasih Anda ke puncak Hong Kong dan sampaikan cinta abadi Anda di 'Wishing Corner' yang dikenal dengan sebutan "Say I Love You at The Peak". Jangan lupa untuk mengabadikan momen istimewa tersebut dengan mengambil foto yang indah dan membagikannya dengan keluarga dan teman-teman!

Jika Anda ingin beristirahat sejenak atau bahkan bersantap di sini, Anda akan disuguhi pemandangan Victoria Harbour yang memukau. Anda telah melihat pemandangan yang menakjubkan ini sebelumnya saat naik eskalator di sebelah dinding kaca raksasa. 

Ada pilihan masakan Amerika dan Italia yang tersedia. Selain itu, terdapat kedai dan kafe untuk makanan santai lainnya. Untuk mereka yang ingin bersantai di dalam ruangan, terdapat beragam toko dan tempat hiburan yang menawarkan pemandangan kota yang indah, memanjakan pengunjung dari segala usia dan selera! Madame Tussauds Hong Kong juga terletak di sini, dengan lebih dari 100 patung lilin yang mirip dengan tokoh aslinya, memberikan pengalaman swafoto yang tak terlupakan.

Peak Galleria


Berseberangan dengan Peak Tower, terdapat Peak Galleria. Di lantai 3, terdapat dek observasi yang dapat dikunjungi secara gratis dan menjadi tempat yang sangat cocok untuk berfoto. Anda dapat menggunakan teleskop dan mengambil gambar pemandangan indah Victoria Harbour di sebelah utara, atau menikmati keindahan yang tenang dari Pok Fu Lam Reservoir dan Laut Tiongkok Selatan di sebelah selatan.

Selain menawarkan pemandangan yang spektakuler, pusat perbelanjaan ini juga merupakan destinasi hiburan dan ritel yang legendaris. Di sini, para pengunjung dapat merasakan pengalaman yang pribadi dan meriah. Anda dapat menjelajahi rumah rahasia Mr Monopoly dan menemui hologram serta teknologi 4DX di MONOPOLY DREAMS™ di lantai 3 Peak Galleria, merancang dan membuat boneka berbulu di Build-A-Bear Workshop, serta menikmati pameran dengan berbagai tema yang menarik di Go Museum di lantai 2. Jangan lewatkan pula 'Pick & Mix Wall' yang terkenal di Candylicious untuk mencari makanan ringan permen favorit Anda. Di sini juga dapat ditemukan berbagai cinderamata seru berupa barang dan kerajinan seni dari merek lokal.

Peak Circle Walk


Mendaki ke puncak merupakan kegiatan yang sangat populer. Melalui Peak Circle Walk yang berkelok-kelok mengelilingi titik tertinggi Pulau Hong Kong, Anda akan menikmati pemandangan indah kota dari berbagai sudut dan tempat. 

Disarankan untuk memulai sekitar 90 menit sebelum matahari terbenam agar Anda dapat memanjakan diri dengan pemandangan memukau Pulau Hong Kong di sisi selatan yang diperciki cahaya senja. 

Perjalanan dimulai dari Peak Tower dan dilanjutkan menyusuri Harlech Road dan Lugard sebelum kembali ke titik awal saat senja berubah menjadi malam dan kota terhampar dengan sinar cahaya yang berkilauan.

Lugard Road Lookout dan Lion Poin View Pavillion


Dibangun pada tahun 1913-1914, jalan ini diberi nama sesuai dengan Gubernur Hong Kong ke-14, Sir Frederick Lugard. 

Bagian sempit yang terletak di sisi tebing disebut sebagai "plank roads" atau jalanan papan. 

Jika Anda berjalan sekitar 20 menit, Anda akan mencapai Lugard Road Lookout yang menawarkan pemandangan spektakuler dari berbagai tempat wisata, mulai dari Sheung Wan hingga Tsim Sha Tsui, serta Victoria Harbour. 


Teruslah mengikuti jalan raya hingga mencapai Harlech Road, di mana Anda akan melihat Lions Pavilion yang terletak di dekat Peak Tower. Tempat ini sangat populer di kalangan wisatawan karena menawarkan panorama yang indah tanpa dipungut biaya.

Jika Anda mendaki Mount Austin Road atau Harlech Road Fitness Trail, Anda akan mencapai Victoria Peak Garden. Awalnya, tempat ini merupakan lokasi Mountain Lodge, yaitu rumah musim panas yang digunakan oleh Gubernur di The Peak. Namun, kini telah berubah menjadi sebuah taman yang indah bergaya Victoria di atas Peak Galleria.

Jalan berliku mengelilingi taman yang luas ini, dihiasi dengan pagoda, dan terdapat berbagai fitur klasik gaya Victoria seperti jam matahari dan hiasan besi tempa.

Selain itu, taman ini juga menawarkan pemandangan luar biasa dari kota Hong Kong, menjadikannya tempat yang ideal untuk berfoto. 

Di kios-kios yang ada, Anda juga dapat menemukan berbagai camilan yang cocok untuk dinikmati saat beristirahat di sore hari, sambil bersantai menanti matahari tenggelam yang memancarkan cahaya gemerlapan di puncak.