Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Urutan Pakai Skincare Pagi yang Tepat, Penting Diterapkan agar hasil lebih Efektif!

Meski sudah sering melakukannya, namun banyak yang salah urutan mengaplikasikan skincare ke wajah. Padahal dokter dan ahli bedah kulit, Heather Rogers, mengatakan bahwa urutan pengaplikasian skincare sangat penting, lho.

Tak hanya itu. Ia juga menjelaskan bahwa ketebalan serta kekentalan produk yang digunakan sangat menentukan keefektifannya, lho. Ia juga mengatakan bahwa ketebalan dan kekentalan produk sangat penting.

Urutan skincare pagi yang tepat



Urutan skincare pagi hari Sebelum melakukan aktivitas keseharian, Kamu perlu melakukan perawatan kulit sehingga kulit bisa terlindungi, nih. Hanya saja, jangan sampai salah pada urutannya, yah.

Kalau kamu ingin mulai beraktivitas di pagi hingga siang hari, ada panduan yang bisa kamu ikuti, nih. Mengutip dari laman Dermstore, berikut ini urutan memakai skincare pagi yang tepat.

Langkah pertama: Cleanser

Sejak bangun tidur, kulit wajah kita sudah memproduksi banyak bakteri dan kuman, karena itu mulailah membersihkan wajah sebagai tahapan pertama skincare di pagi hari.

Awali menyiram wajah dengan air. Jika perlu, Kamu bisa cuci wajah menggunakan sabun pembersih yang lembut dan dirancang khusus untuk jenis kulit wajah.

Langkah kedua: Toner

Kebanyakan orang melewatkan langkah ini karena menganggap toner bisa mengiritasi kulit. Untungnya kini banyak toner yang bisa mengecilkan pori-pori serta bertindak sebagai antioksidan.

Toner diciptakan untuk membantu mengembalikan pH kulit setelah basah dan dicuci dengan sabun wajah yang keras. Jadi, pastikan kamu menggunakan toner setelah mencuci muka, ya.

Langkah ketiga: Serum antioksidan

Serum adalah perawatan super-konsentrat yang padat nutrisi dan bisa mengatasi masalah kulit tertentu. Karena itu, sebaiknya selalu gunakan serum sesering mungkin pada wajah.

Ada berbagai macam serum yang tersedia di pasaran saat ini. Namun, untuk beraktivitas di siang hari, dr. Rogers merekomendasikan serum antioksidan yang bisa memberikan berbagai manfaat seperti menetralkan kerusakan akibat sinar UV dan polutan di sekitar lingkungan.

Langkah keempat: Krim mata

Pemakaian krim mata di siang hari sangat penting untuk yang berusia 30 tahun, nih. Krim ini bisa menjaga kesehatan serta ketebalan kulit kelopak mata. Selain itu, memperbaiki area mata juga bisa mengencangkan dan membuat penampilan kamu jadi lebih cantik, lho.

Untuk hasil yang terbaik, konsistensi adalah kuncinya. Penggunaan krim mata secara teratur dari waktu ke waktu akan menjaga kulit kelopak mata tetap elastis dan memperbaiki serta mencegah garis halus atau kehilangan kolagen.

Langkah kelima: obat totol

Untuk Kamu yang kulitnya sedang berjerawat, penggunaan obat totol sebaiknya dilakukan di langkah kelima, ya. Penggunaan obat ini perlu diterapkan semaksimal mungkin agar kulit bisa cepat pulih.


Perlu diperhatikan nih. Penggunaan obat totol jerawat akan membuat kulit kamu jadi kering. Karena itu, gunakan obat totol jerawat di tempat yang dibutuhkan saja, ya.

Langkah keenam: Pelembap

Meskipun tubuh bisa memproduksi minyak secara alami, namun kamu tetap membutuhkan pelembap, nih. Pelembap atau moisturizer adalah skincare yang sangat wajib digunakan oleh setiap orang, bahkan jika memiliki kulit yang berminyak.

Langkah ketujuh: Tabir surya

Tabir surya atau sunscreen harus selalu menjadi langkah terakhir dalam rutinitas skincare di siang hari. Kamu harus tetap menggunakannya meski hanya di rumah saja, lho! Tabir surya bekerja sebagai penghalang sinar UV yang langsung terkena kulit.

Dokter Rogers merekomendasikan penggunaan tabir surya dengan zinc dan menerapkannya setelah pelembap. Pastikan tabir surya kamu bisa mencukupi kebutuhan hidrasi harian untuk melindungi kulit.

Semoga informasi ini bermanfaat