Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Flek Hitam dan Cara Mengatasinya

Kamu harus memahami apa saja pemicu flek hitam di wajah, agar dapat menghindarinya. Ephelis ataupun orang biasa mengenalnya dengan flek hitam, ialah kendala kulit yang umum terjadi pada siapa juga, dari berbagai umur. 

Meskipun biasanya bukan keadaan berbahaya, namun dapat kurangi rasa percaya diri.

Umumnya, flek hitam timbul pada saat musim panas, paling utama pada orang berkulit putih. Wujudnya berupa bintik ataupun bercak dengan warna lebih gelap daripada kulit di sekitarnya. 

7 Penyebab Flek Hitam

Penyebab Flek Hitam dan Cara Mengatasinya


Hal ini terjadi sebab adanya peningkatan produksi pigmen yang merupakan melamin alami. Pigmen bertambah karena beberapa pemicu di bawah ini.


Paparan Cahaya Matahari

Pemicu sangat utama dari timbulnya flek hitam ini adalah paparan cahaya matahari. UVA ataupun UVB yang meresap di kulit dapat meningkatkan penciptaan melanin. Pada keadaan tertentu, kenaikan melanin ini tidak tersebar menyeluruh pada kulit. 

Dampaknya, bakal timbul bercak- bercak noda berwarna kecoklatan pada kulit wajah.


Faktor Genetik

Apabila di dalam keluarga ada yang mudah timbul flek hitam, maka efek akan semakin bertambah. Perihal ini sebab aspek genetik juga pengaruhi penciptaan melanin.

Itulah sebabnya kondisi tiap- tiap orang dapat berbeda. Biasanya, flek hitam akibat aspek genetik ini lebih susah penanganannya.


Kurang Asupan Vitamin

Selanjutnya, penyebab timbulnya bintik hitam ini adalah kurangnya asupan vitamin. Karena vitamin ini adalah salah satu pendukung kesehatan kulit. 

Jadi, jika mengalami defisit, akan memicu timbulnya flek. Untuk meanganii hal ini, sebaiknya konsumsi vitamin E, C, B12, dan K.


Bekas Peradangan

Adanya cedera, jerawat, ataupun peradangan pada kulit wajah bakal memunculkan sisa dengan warna yang lebih gelap. Apabila jerawat ataupun peradangannya terus menjadi banyak serta berukuran besar, hingga bakal memunculkan flek hitam yang juga besar. Bahkan dapat lebih gelap serta meluas.


Dampak Pemakaian Kosmetik

Merasa lebih sering berada di rumah, namun flek hitam senantiasa muncul? Hal ini dapat saja terjadi akibat pemakaian kosmetik. 

Bahan- bahan tertentu pada kosmetik dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap cahaya matahari. Jadi, walaupun cuma sebentar berada di luar, kulit akan langsung bereaksi dengan timbulnya flek.


Faktor Usia

Satu lagi pemicu timbulnya flek hitam adalah sebab aspek umur. Semakin tua seorang, kulitnya juga bakal mulai mengalami permasalahan. Contohnya adalah keriput. 

Keadaan ini dapat merangsang penimbunan pigmen pada suatu bagian tertentu, dampaknya, bagian tersebut jadi lebih hitam daripada kulit di sekitarnya.

Baca Juga : Beauty In The Pot Untuk Kulit Glowing

Efek Obat

Nyatanya, ada sebagian obat yang memiliki dampak merangsang munculnya flek pada wajah. Biasanya, tidak berwarna kecoklatan saja, bercak ini dapat bercorak abu- abu ataupun kebiruan. 

Walaupun tidak beresiko, keadaan ini bisa membuat pengidapnya mengalami gangguan kepercayaan diri.


Cara Mengatasi Flek Hitam

Cara Mengatasi Flek Hitam


Biasanya flek hitam akibat infeksi ataupun paparan cahaya matahari dapat sembuh sendiri.

Tetapi, waktunya dapat berbeda pada tiap orang. Buat menghindari serta menanggulangi flek hitam, terdapat beberapa cara, salah satunya merupakan memakai sunblock dengan SPF 30 ataupun lebih.

Sunblock ini berfungsi sebagai penahan supaya cahaya UV tidak terserap oleh kulit dan merangsang peningkatan melanin.

Walaupun demikian, ada keadaan yang membuat flek hitam jadi beresiko. Amati keadaan flek yang terjadi.  Apabila bercak tersebut menonjol, gatal, ataupun perih, sebaiknya segera menghubungi dokter, sebab dapat jadi itu ialah indikasi tumor kulit.

Kesimpulannya, dengan melihat beberapa pemicu flek hitam di wajah tersebut, kamu harus melakukan pencegahan. Jauhi berada di bawah matahari terik tanpa perlindungan, terutama tanpa memakai sunblock SPF 30. 

Tidak hanya itu, mengkonsumsi makanan sehat seimbang supaya kebutuhan vit tercukupi serta kulit jadi sehat.

Itulah informasi mengenai penyebab flek hitam dan cara mengatasinya semoga bermanfaat.