Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan dan Cara Penggunaannya

Selain sering dimanfaatkan untuk kesehatan, lidah buaya juga sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit dan wajah. Manfaat lidah buaya untuk kecantikan tidak lepas dari kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalamnya

Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan

lidah buaya salah satu perawatan alami yang ampuh buat menanggulangi bermacam permasalahan kulit wajah, semacam jerawat, kerutan, kusam, berminyak serta permasalahan kulit yang lain.

Cara pengaplikasiannya dapat digunakan sebagai masker wajah.

Lidah buaya sendiri memiliki sejarah panjang sebagai bahan perawatan kulit. Apalagi, ratu Cleopatra serta Nefertiti juga memakai lidah buaya buat perawatan kecantikan tiap hari mereka.

Nah, simak berikut ini manfaat lidah buaya untuk kecantikan yang perlu kamu ketahui 

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan Wajah

1.Mencegah penuaan
Lidah Buaya Untuk Mencegah penuaan dini



Fibroblas atau proses sintesis produksi serat elastin yang ada pada gel lidah buaya mampu memberikan efek pada kulit agar tidak keriput. Selain itu, dalam gel lidah buaya kaya akan kolagen. 

Sementara itu, kandungan seng pada lidah buaya bermanfaat untuk mengencangkan pori-pori dan antioksidan, seperti vitamin C dan E, yang dapat bantu mencegah adanya pembentukan radikal bebas.

2. Menghilangkan jerawat
Lidah buaya untuk mencegah jerawat



Lidah buaya di ketahui mengandung hormon giberelin dan polisakarida yang bermanfaat sebagai antibakteri yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat.

Adapun kandungan antioksidan, serta vitamin dan mineral lainnya mampu mengurangi rasa nyeri pada kulit yang  mengalami peradangan akibat inflamasi atau jerawat. Plus, anti-inflammatory pada gel-nya juga bisa bantu meredakan jerawat.

3. Menenangkan kulit lelah dan terbakar
Lidah buaya untuk memperbaiki lapisan kulit yang terbakar



Terdapat kandungan polysaccharides dalam lidah buaya yang bermanfaat memperbaiki lapisan kulit dan merangsang pertumbuhan sel kulit. 

Selain itu, kandungan carboxypeptidase di dalamnya bermanfaat sebagai pain reliever yang mampu menenangkan kulit yang lelah dan bekas terbakar (benda panas, maupun matahari). 

4. Melembapkan wajah
aloevera bermanfaat untuk melembabkan kulit



Manfaat utama dari gel lidah buaya ini adalah melembapkan kulit wajah. Bentuknya yang lembut dan sebagian besar terdiri dari air mampu membantu menghidrasi kulit tanpa efek yang lengket setelahnya. 

Gelnya sanggup mengunci kelembapan kulit, dan bertindak sebagai lem’ untuk menjaga permukaan kulit wajah.

Kandungan tersebut juga sekaligus bisa mengurangi kemerahan pada kulit akibat inflamasi.


Itulah beberapa manfaat lidah buaya untuk kecantikan, Selain itu lidah buaya juga bisa di gunakan sebagai masker untuk memutihkan wajah, Yuk simak uraiannya berikut ini

Cara Membuat Masker dari Lidah Buaya untuk Memutihkan Wajah

Cara Membuat Masker dari Lidah Buaya untuk Memutihkan Wajah


Masker lidah buaya

Ambil 1 helai lidah buaya, ambil gel/ dagingnya serta hancurkan dengan garpu. kemudian oleskan pada kulit secara menyeluruh. Diamkan selama 10 menit, bilas dengan air dingin. Kamu dapat memakai masker lidah buaya ini secara teratur 2 kali sehari.

Masker lidah buaya dan lemon

Cara berikutnya mengombinasikan 1 sendok makan daging lidah buaya yang sudah dihancurkan dengan 1 sendok makan perasan jeruk nipis. 

Aduk secara menyeluruh. Setelah itu bilas kulit wajah saat sebelum mengoleskan campuran. Oleskan satu lapis tipis campuran pada kulit. 

Biarkan 15 menit serta bilas dengan air. Ulangi proses ini sehingga hasil yang diinginkan.

Masker lidah buaya dan mangga

Tidak hanya kombinasi lidah buaya serta lemon, kamu juga dapat memadukan gel lidah buaya dengan buah mangga. 

Haluskan sebagian potongan mangga dan gel lidah buaya secara merata. 

Oleskan pasta tersebut pada kulit serta tunggu selama 20 menit. Bilas dengan air bersih. Untuk memperoleh hasil yang optimal ikuti proses ini 3 kali seminggu

Masker lidah buaya serta vit E

Banyak bahan bisa dikombinasikan dengan lidah buaya ini untuk membuat masker, diantaranya vit E. Gabungkan 1 sendok makan gel lidah buaya serta 1 kapsul vit E secara merata. 

Oleskan pada wajah. Setelah itu biarkan istirahat sepanjang 15- 20 menit. Kemudian bilas dengan air hangat. Campuran vit E dengan lidah buaya buat anti aging yang sesuai untuk semua jenis kulit.

Masker lidah buaya dan tomat

Buat kamu yang menginginkan kulit wajah yang sehat serta bercahaya, bisa menggunakan kombinasi tomat dan lidah buaya. 

Siapkan 2 sendok makan juice tomat murni serta 1 sendok makan lidah buaya. Aplikasikan pada wajah sebagai masker, diamkan sepanjang 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat.

Cara Membuat masker lidah Buaya untuk Wajah Berjerawat


Masker lidah buaya, kunyit, dan madu

Siapkan lidah buaya fresh, ambil gelnya. Kemudian campur dengan kunyit, madu serta susu dan beberapa tetes air mawar. Aduk bahan- bahan tersebut sampai rata.

Oleskan adonan pasta tersebut ke bagian berjerawat. Diamkan sepanjang 15- 20 menit serta bilas dengan air bersih. Pakai secara bertahap sampai jerawat berkurang.

Masker lidah buaya, madu, dan kayu manis

Memakai lidah buaya, madu serta kayu manis juga dapat jadi alternatif buat mengatasi jerawat yang meradang. 

Seperti lidah buaya, madu serta kayu manis juga memiliki zat antibakteri dan antiperadangan.

Untuk membuat masker ini kamu dapat mengombinasikan 2 sendok makan madu, satu sendok makan lidah buaya, serta 1/ 4 sendok teh bubuk kayu manis.

Aplikasikan pada wajah yang berjerawat, diamkan 10 menit kemudian bilas dengan air bersih. 


Itulah beberapa manfaat lidah buaya untuk kecantikan, semoga bermanfaat...