Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Jerawat Meradang dengan Bahan-Bahan Alami

Timbulnya jerawat yang diiringi peradangan serta kemerahan memang cukup mengganggu. Banyak orang melakukan bermacam cara menanggulangi jerawat meradang supaya kulit wajah kembali sehat. 

Tidak cuma mengganggu penampilan, jerawat meradang juga memunculkan rasa perih. Munculnya jerawat meradang di wajah umumnya diakibatkan oleh adanya penyumbatan di pori- pori kulit. 

Cara Mengatasi Jerawat Meradang  dengan Bahan-Bahan Alami


Ada beberapa hal yang menyebabkan pori- pori tersumbat dapat terjadi.

Pertama di sebabkan produksi minyak yang berlebihan pada wajah.

Kedua karna adanya penimbunan sel kulit mati, dan

Ketiga karena terjadi peradangan bakteri. Peradangan bakteri jadi pemicu yang kerap merangsang timbulnya jerawat meradang. 

Jerawat yang kerap disentuh tangan ataupun dipencet dengan pinset jerawat yang kotor juga dapat menimbulkan jerawat jadi meradang.

Jerawat meradang bisa dihindari dengan memelihara kebersihan tangan serta area wajah. Dan tidak sembarangan memakai pinset yang malah dapat menginfeksi jerawatmu. 

Berikut Cara Mengatasi Jerawat Meradang  dengan bahan- bahan alami: 


Lidah Buaya

Cara Mengatasi Jerawat Meradang  dengan lidah buaya


Lidah buaya adalah bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat meradang. Caranya mudah, Cukup dipakai sebagai masker alami untuk wajah. 

Kandungan yang ada pada lidah buaya dinilai mampu membantu meredakan jerawat meradang cukup efektif bila dilakukan secara teratur. 

Karena lidah buaya memilikki mengandung asam salisilat dan sulfur yang bermanfaat untuk membantu menyembuhkan jerawat.

Tidak heran jika kandungan lidah buaya banyak ditemui pada produk perawatan untuk kulit berjerawat.

Cara mengobati jerawat meradang dengan lidah buaya adalah dengan mengambil getahnya secara langsung kemudian oleskan pada bagian wajah yang berjerawat.

Biarkan hingga mengering dan lakukan dengan teratur setidaknya satu atau dua kali sehari. 

Jika ingin memperoleh hasil yang maksimal bisa mencampurkan lidah buaya dengan bahan alami lain yang dapat membantu mengbati jerawat, seperti kunyit.


Cuka Apel

Cara Mengatasi Jerawat Meradang  dengan cuka apel


Cuka apel bukan hanya digunakan untuk keperluan dapur  tapi juga bisa dimanfaatkan untuk membantu mengobati jerawat meradang. 

Berdasarkan penelitian dari International Journal of Cosmetic Science, menemukan bahwa cuka apel mempunyai kandungan asam organik yang dapat mengobati jerawat di wajah. 

Asam organik pada cuka apel salah satunya adalah asam sitrat yang dipercaya mampu membantu melawan bakteri penyebab jerawat seperti propionibacterium acnes.

Selain itu cuka apel mengandung succinic acid yang dapat  mengobati peradangan pada jerawat yang diakibat oleh bakteri Propionibacterium acnes. 

Kandungan asam laktat dalam cuka apel juga mampu membantu memperbaiki tekstur kulit yang rusak karena bekas jerawat.

Cara mengobati jerawat dengan cuka apel yaitu dengan mencampurkan satu sendok makan cuka apel dengan 3 sendok makan air. 

Lalu bersihkan wajah dengan sabun cuci muka kemudian oleskan campuran cuka apel dan air tersebut ke bagian kulit yang berjerawat memakai kapas. 

Biarkan selama 10 hingga 20 detik kemudian bilas dengan air hingga bersih, Untuk hasil maksimal lakukan secara teratur satu hingga dua kali dalam sehari.

Madu

Cara Mengatasi Jerawat Meradang dengan madu


Madu mempunyai banyak manfaat mulai dari kesehatan sampai kecantikan termasuk juga untuk mengatasi jerawat. 

Kandungan antioksidan yang ada di dalam madu dipercaya dapat membersihkan kotoran di kulit wajah dan juga mencegah pori-pori tersumbat. 

Tidak hanya itu madu juga mempunyai sifat antibakteri yang bermanfaat menyembuhkan luka.

Cara memakai madu untuk mengobati jerawat adalah dengan mengoleskan madu ke kulit wajah yang berjerawat, pastikan tangan dalam keadaan bersih saat mengoleskannya. 

Agar memperoleh manfaat yang maksimal, bisa juga dengan mencampurkan madu dengan kunyit sebagai masker wajah alami untuk mengatasi jerawat.


Tea Tree Oil

Cara Mengatasi Jerawat Meradang dengan tea tree oil


Tea tree oil mempunyai sifat antibakteri dan anti-peradangan yang bermanfaat untuk mengatasi dan mengobati jerawat meradang. 

Tapi dalam beberapa kasus orang yang memakai tea tree oil mengalami efek samping seperti iritasi pada kulit wajah untuk itu ada baiknya lebih berhati-hati saat memakai tea tree oil. 

Ada baiknya untuk berkonsultasi pada dokter spesialis kulit sebelum memakainya.

Cara memakai tea tree oil untuk mengobati jerawat meradang adalah dengan mencampurkan tea tree oil dengan 12 tetes minyak pelarut seperti jojoba oil atau coconut oil. 

Kemudian oleskan pada bagian wajah yang berjerawat secara merata, diamkan kurang lebih selama 10 samapai 15 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih


Itulah beberapa cara mengatasi jerawat meradang dengan bahan-bahan alami yang dapat kamu coba. Salah satu cara mengobati jerawat meradang di atas bisa kamu coba di rumah, agar jerawat mulai membaik dan kulit wajah kembali sehat seperti sediakala.