Apa Saja Kandungan Skincare yang Tidak Boleh di Campur atau di Pakai Secara Bersamaan - Anis Muafiyah
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Saja Kandungan Skincare yang Tidak Boleh di Campur atau di Pakai Secara Bersamaan

Apa saja kandungan skincare yang tidak boleh di campur atau di pakai secara bersamaan? Kamu wajib tahu soal ini karna walaupun skincare di pakai sebagai perawatan, namun kalau salah dalam pengaplikasianya hasilnya malah mengecewakan.

Apa Saja Kandungan Skincare yang Tidak Boleh di Campur atau di Pakai Secara Bersamaan

Karena itulah penting untuk kamu tahu apa saja kandungan skincare yang tidak boleh di campur, Inilah beberapa kandungan yang tidak boeh di pakai secara bersamaan.

Kandungan Skincare yang Tidak Boleh di Campur atau di Pakai Secara Bersamaan

1. Retinol dan AHA/BHA

Retinol dan AHA/BHA. Meskipun retinol tidak termasuk ke dalam zat eksfoliasi seperti AHA/BHA, Retinol mempunyai peeling agent yang berguna mempercepat proses regenerasi sel. 

Makanya, pemakian kedua kandungan skincare ini tidak dianjurkan dipakai secara bersamaan karena dapat mengakibatkan eksfoliasi yang berlebihan pada wajah. 

2. Glycolic Acid dan Salicylic Acid

Kedua bahan ini bermanfaat untuk menghilangkan sel-sel kulit mati pada lapisan pertama kulit.  Untuk itu kedua bahan ini sebaiknya tidak pakai secara bersamaan karena bisa menyebabkan iritasi. 

3. BHA dan Benzoyl Peroxide

Benzoyl Peroxide adalah bahan yang biasa di gunakan sebagai obat ketika jerawat muncul di wajah. Namun bahan ini tidak bisa dipakai bersamaan dengan skincare yang mengandung BHA. 

Menggabungkan BHA dan Benzoyl Peroxide dapat memicu jerawat aktif dan iritasi bila gunakan secara bersamaan. 

4.Vitamin C dan Peptide

Vitamin C berguna untuk mencerahkan kulit. Namun Vitamin C akan teroksidasi dan berubah warna ketika berinteraksi dengan peptide. Sehingga, vitamin C tidak mampu memberikan manfaat secara maksimal.

Baca Juga: Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kecantikan

5.Vitamin C dan AHA

Vitamin C mempunyai kandungan asam aktif, sama seperti dengan AHA. Mencampurkannya akan mengganggu keseimbangan pH kulit serta bisa memicu iritasi pada kulit. 

6. Vitamin C dan Benzoyl Peroxide

Zat benzoyl peroxide dapat mengoksidasi vitamin C sehingga berubah warna dan tak bisa bekerja dengan maksimal.

Solusinya kamu bisa menggunakan secara bergantian, Misalnya hari ini menggunakan skincare dengan kandungan vitamin C besoknya menggunakan skincare dengan kandungan Benzoyl peroxide.

7. Vitamin C dan Retinol 

Retinol bekerja aktif pada kadar pH kulit lebih tinggi atau basa. sedangkan, vitamin C hanya bisa bekerja di lingkungan dengan pH rendah atau asam. Saat dipakai secara bersamaan, keduanya tak mampu bekerja dengan maksimal.

8. Vitamin C dan Niacinamide

Penggunaan Vitamin C dan Niacinamide secara bersamaan menurunkan efektivitas masing masing, Malah dapat menyebabkan warna kulit  belang.

9. Niacinamide dan AHA/BHA

Niacinamide bersifat asam sebaiknya pemakaiannya tidak di campur dengan produk skincare yang sifatnya asam juga, termasuk AHA/BHA. 

Pemakaian secara bersamaan bisa menyebabkan iritasi juga hasil eksfoliasi jadi tidak sempurna.

10. Retinol dan Asam Salisilat

Asam salisilat biasanya di gunakan dalam skincare untuk menangani masalah jerawat. Sedangkan retinol, merupakan turunan vitamin A, Memilikki banyak manfaat salah satunya untuk mencegah tanda tanda penuaan dini.

Jika pemakiannya di gabungkan secara bersamaan, kulit akan menjadi kering dan mengelupas. Bahkan, bisa menyebabkan jerawat yang semakin banyak.

11. Retinol dan Benzoyl Peroxide

Kedua kandungan ini bermanfaat untuk menangani masalah jerawat, Namun pemakiannya tidak boleh di campur karna bisa menyebabkan kulit menjadi kering, merah dan bahkan mengelupas. 

JIka ingin menggunakannya sebaiknnya di atur waktunya agar bisa memperoleh manfaat yang maksimal.

12. Water-Based dan Oil-Based

Kita sudah tau kalau minyak dan air ngak bisa menyatu, Ketika kamu memakai produk secara bersamaan menyebabkan minyak akan menahan formula air.

13. Retin-A dan Scrub

Kedua bahan ini memilikki fungsi yang sama yaitu sebagai pengelupas kulit alami, Pemakian secara bersamaan menyebabkan eksfoliasi berlebihan yang menimbulkan iritasi dan kulit kemerahan.

Itulah kandungan skincare yang tidak boleh campur atau dipakai secara bersamaan yang perlu kamu catat dan ingat supaya terhindar dari berbagai masalah kulit.