Manfaat Lidah buaya Untuk Rambut dan Efek Sampingnya - Anis Muafiyah
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Lidah buaya Untuk Rambut dan Efek Sampingnya

Siapa yang tidak tahu dengan lidah buaya? Tumbuhan yang memiliki bentuk unik dan tekstur yang lengket ini telah lama jadi bahan andalan untuk produk perawatan tubuh. Tidak hanya untuk menjaga kulit, lidah buaya juga dapat digunakan buat merawat rambut. Terus apa saja manfaat lidah buaya untuk rambut? Ayo, cari tahu jawabannya!

Manfaat Lidah buaya Untuk Rambut

Manfaat Lidah buaya Untuk Rambut

Membuat Rambut Lebih Kuat

Lidah buaya mempunyai bermacam- macam kandungan aktif dan mineral di dalamnya yang berguna untuk rambut. Tidak heran manfaat lidah buaya untuk rambut yang paling populer adalah untuk menambah kekuatan rambut. Dikutip dari Healthline, kandungan vit A, C, E, dan vit B12 dalam lidah buaya bisa meningkatkan produksi sel sehat dalam rambut.

Kurangi Rasa Gatal di Kulit Kepala

Rasa gatal yang luar biasa di kulit kepala merupakan salah satu permasalahan rambut yang banyak dirasakan orang. Keadaan ini bisa semakin parah ditandai dengan serpihan kulit kepala yang rontok. Istilah kedokteran pada keadaan ini adalah seborrheic dermatitis. Menurut riset yang pernah dilakukan di tahun 90- an, manfaat lidah buaya untuk rambut salah satunya adalah untuk menangani inflamasi di kulit kepala. Kandungan asam lemak dalam lidah buaya bisa bekerja sebagai anti inflamasi.

Baca juga: Manfaat lidah buaya untuk kecantikan

Melindungi dari Sinar UV

Tidak hanya kulit, rambut juga merupakan bagian tubuh yang butuh proteksi dari paparan sinar UV alias radiasi yang timbul dari sinar matahari. Pada saat rambut sering terpapar sinar UV, rambut dapat kehabisan kilau natural yang dimilikinya. Tidak hanya itu, paparan sinar UV pula dapat membuat rambut lebih gampang patah. Nah, manfaat lidah buaya untuk rambut salah satunya dapat melindungi sinar UV.

Membantu Merawat Rambut Berminyak

Kandungan lidah buaya juga bisa bekerja untuk melawan minyak berlebih di rambut. Dengan melawan minyak berlebih yang melekat di rambut, penampilan rambut bisa jadi lebih berkilau, lembut, serta lebih sehat.

Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Dikutip dari WebMD, sebenarnya belum ada riset terkait manfaat lidah buaya yang satu ini. Tetapi, para pakar yakin kalau kandungan bernama aloenin di dalam lidah buaya bisa jadi aspek utama untuk membantu tingkatkan perkembangan rambut. Aloenin juga berfungsi untuk kurangi resiko rambut patah.


Efek Samping Lidah Buaya untuk Rambut

Efek Samping Lidah Buaya untuk Rambut


Walaupun merupakan bahan yang alami, lidah buaya tetap bisa memunculkan efek samping saat digunakan. Lebih- lebih apabila kamu memakai lidah buaya asli untuk merawat rambut. Efek samping yang mungkin timbul adalah:

Iritasi. Untuk sebagian orang yang mempunyai alergi, iritasi akibat memakai lidah buaya dapat terjadi. Ciri iritasi adalah kulit yang merah, timbul bruntusan, serta muncul sensasi panas di kulit.

Rambut kering. Sebagian produk lidah buaya yang dikemas dalam kemasan dapat memiliki kandungan alkohol yang tinggi. Nah, kandungan ini bisa mengganggu kesehatan kulit serta membuat rambut jadi kering.

Kulit mengelupas. Lidah buaya mentah juga merupakan bahan yang bisa membuat kulit mengelupas. Untuk itu, pemilik kulit kepala sensitif wajib berjaga- jaga saat memakai bahan alami yang satu ini.


Demikian informasi seputar manfaat lidah buaya untuk rambut. Sebelum kamu memutuskan memakai bahan alami ini, yakinkan kamu tidak mempunyai alergi ya untuk menjauhi efek samping yang bisa terjadi.