Manfaat Minyak Ikan Untuk Kulit Wajah - Anis Muafiyah
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Minyak Ikan Untuk Kulit Wajah

Minyak ikan memiliki omega 3 yang sangat baik buat kesehatan, termasuk kesehatan kulit wajah. Asam lemak omega 3 yang ada pada minyak ikan terdiri dari asam docosahexaenoic( DHA) serta asam eicosapentaenoic( EPA). 

EPA mempunyai sifat antioksidan serta anti inflamasi yang sangat berguna untuk kulit, terutama dalam hal mencegah munculnya tanda penuaan di wajah. Apa saja manfaat minyak ikan buat wajah? Simak dibawah ini yah!

Manfaat Minyak Ikan Untuk Kulit Wajah

Manfaat Minyak Ikan Untuk Kulit Wajah

Menghidrasi Kulit

Asam lemak omega 3 bisa menghidrasi kulit sekaligus menghindari kulit kehilangan cairan, sehingga wajah tidak nampak kering. Untuk memperoleh manfaat minyak ikan untuk wajah ini, kamu dapat mengoleskan minyak ikan langsung di zona kulit yang kering.

Mengurangi Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi merupakan bercak kulit yang lebih hitam dari kulit sekitarnya. Dalam arti lain, ini bakal membuat kulit nampak belang. Hiperpigmentasi dapat terjadi akibat peningkatan produksi melanin. 

Keadaan ini dapat diakibatkan oleh jerawat, luka baret, maupun karna paparan cahaya matahari. Kandungan omega 3 pada minyak ikan dipercaya dapat membantu menyembunyikan hiperpigmentasi yang terjadi di wajah dengan cara meminimalkan infeksi cedera dan mempercepat penyembuhan. 

Tidak hanya itu, DHA yang terdapat pada minyak ikan juga bisa membatasi penciptaan pigmen, sehingga dapat kurangi resiko hiperpigmentasi akibat sinar UV dari matahari.

Melindungi Kerusakan dari Paparan Sinar UV

Kandungan Omega 3 pada minyak ikan dipercaya bisa melindungi kulit dari sinar ultraviolet A( UVA) serta ultraviolet B( UVB) yang beresiko. 

Dengan komsumsi suplemen minyak ikan, kamu dapat berisiko lebih rendah alami sensitivitas kulit akibat sinar ultraviolet sehingga tingkatkan ketahanan kulit terhadap sengatan cahaya matahari, Mengurangi kemerahan kulit akibat paparan UVB sampai 25%, dan Kurangi keparahan ruam kulit ataupun lepuh berisi cairan setelah terpapar sinar UV.

Mempercepat Penyembuhan Kulit

Beberapa bukti terbatas menunjukkan kalau aplikasi omega 3 secara topikal bisa mempercepat penyembuhan luka kecil ataupun goresan. Kamu bisa menggunakan potensi ini buat mengatasi luka di area kulit wajah.

Mengurangi Keparahan Jerawat

Diet kaya omega 3 ataupun komsumsi minyak ikan buat wajah mungkin bisa menghindari ataupun kurangi tingkat keparahan jerawat. Omega 3 mempunyai sifat anti inflamasi yang sudah teruji bisa kurangi infeksi pada jerawat. 

Walaupun demikian, hasil sebagian riset menunjukkan efek omega 3 yang bermacam- macam pada tiap orang. Sehingga dibutuhkan lebih banyak lagi riset buat mengonfirmasi efek ini.


Cara terbaik memanfaatkan minyak ikan untuk kesehatan kulit adalah dengan mengkonsumsinya dalam bentuk suplemen yang umumnya berbentuk kapsul gel. Minyak ikan juga ada dalam bentuk cair, namun bisa jadi tidak semua orang dapat mentoleransi aroma ataupun rasanya.

Tentu saja, kamu juga bisa memakai minyak ikan buat wajah dengan mengaplikasikannya langsung pada permukaan kulit. Namun kamu mungkin tidak akan menyukainya sebab bau amis minyak ikan bisa tercium sangat tajam