Jenis Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya - Anis Muafiyah
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

Jerawat bisa dibilang masalah untuk tiap orang khususnya wanita. Munculnya jerawat biasanya di sebabkan pori pori kulit yang tersumbat karena minyak dan kotoran, infeksi dan bakteri. Selain itu jerawat juga bisa muncu akibat perubahan hormon di dalam tubuh.

Pada umumnya jerawat terbagi menjadi dua jenis, Pertama jerawat non inflamasi jenis jerawat ini tidak mengakibatkan pembengkakan,. Kedua jerawat inflamasi jenis jerawat ini biasanya berwarna merah dan menyebabkan pembengkakan.

Jerawat yang muncul tentunya sangat menganggu penampilan, Bila di biarkan tanpa melakukan perawatan terhadap jerawat selain mengurangi rasa percaya diri juga bisa mengakibatkan jerawat tambah parah. Untuk itu kamu harus melakukan perawatan yang tepat sesuai jenis jerawatnya. Berikut jenis-jenis jerawat dan cara mengobatinya.

Jenis Jenis Jerawat

Jenis Jenis Jerawat

Blackhead

Blackhead adalah tipe jerawat dengan karakteristik benjolan kecil dengan warna hitam biasanya muncul di sekitar hidung. Blackhead timbul karena pori pori tersumbat oleh sebum dan sel kulit mati. Jerawat tipe ini bagian atas pori tetap terbuka meski sisanya tersumbat, Inilah yang menyebakan warna hitam yang terlihat di permukaan, Blackhead tidak menyebabkan rasa sakit atau kemerahan seperti jerawat lainnya , Blackhead tergolong jenis jerawat ringan karena tidak mengakibatkan peradangan.

Whitehead

Jerawat whitehead muncul disebabkan penyumbatan pori pori oleh minyak dan sel kulit mati. Tidak seperti blackhead yang hanya menutupi sebagian, Whitehead mnutupi semua pori sehingga berbentuk seperti benjolan dengan warna putih. Jerawat tipe ini biasanya susah di hilangkan karena tertutupnya pori pori. Pemakaian skincare yang mempunyai kandungan asam salsilat dapat membantu menghilangkan whitehead.

Papula

Tipe jerawat ini muncul pada bagian bawah permukaan kulit, ketika di raba akan terasa benjolan dan terasa nyeri. Kulit pada area jerawat terlihat bengkak kemerahan. Papula tidak memilikki nanah pada ujungnya. Papula di sebabkan peradangan parah di dinding sekitar pori pori. Inilah yang menyebabkan pori pori terasa keras dan tersumbat namun empuk saat di pagang. Kulit pada area jerawat papula biasanya berwarna merah muda.

Pustula

Jerawat tipe ini biasanya lebih besar dan lunak. Pada bagian dasarnya terihat berwarna merah dengan bagian atasnya berwarna kekuningan karena berisi nanah. Pustula di sebabkan oleh bakteri yang menginfeksi sumbatan pada pori pori. Pastula juga bisa muncul jika dinding di sekitar pori pori rusak.

Nodul

Nodul timbul disebabkan pori-pori yang tersumbat dan membengkak dan mengalami iritasi sehingga tumbuh lebih besar. Nodul berada sangat dalam di bawah kulit dan perlu bantuan medis untuk mengobatinya.

Jerawat Batu

Jerawat batu terbentuk karena pori pori tersumbat oleh kombinasi sel kulit mati, bakteri dan sebum. Jerawat batu berada di dalam lapisan kulit. Jerawat batu merupakan jerawat terbesar dan munculnya di akibatkan infeksi yang parah malah terkadang akan meninggalkan luka.

Cara Mengobati Jerawat

Cara Mengobati Jerawat


Setiap jerawat yang muncul memilikki cara penanganan yang berbeda-beda. berbagai cara bisa kamu lakukan mulai dengan penggunaan skincare. Namun yang lebih tepat adalah konsultasi dengan dokter spesialis untuk mengetahui jenis jerawat yang muncul pada wajah kamu. Atau kamu bisa mengobati jerawat mulai dari yang ringan, Sedang atau yang berat dengan cara di bawah ini:

Jerawat Ringan

Untuk mengobati jerawat ringan seperti blackhead, whitehead dan pastula kecil kamu bisa memakai skincare yang mempunyai kandungan asam salsilat, resorsinol,sulfur dan benzoil peroksida.

Jerawat Sedang

Jenis jerawat sedang seperti papula dan nodul memerlukan perawatan yang lebih rumit di banding jerawat ringan. Kamu bisa konsultasi ke dokter spesialis jika mengalami jerawat ini. Biasa dokter akan memberika resep seperti antibiotik dan kartikosted berbentuk obat oles seperti krim ataupun salep.

Jerawat Parah

Jerawat batu tergolong jenis jerawat parah karena menyebabkan kemerahan, pembengkakan atau bahkan kerusakan kulit. Dalam mengangani jerawat batu di sarankan untuk melakukan konsultasi ke dokter spesialis agar bisa di tangani dengan tepat. Biasanya dokter memberikan resep antibiotic oral atau melakukan suntik jerawat agar jerawat bisa mengecil.

Kita perlu menjaga kesehatan kulit agar bisa menampilkan penampilan terbaik dan meningkatkan kepercayaan diri. Sebisa mungkin untuk selalu merawat kesehatan kulit secara tepat dan teratur. Dengan menjaga pola hidup, mencuci muka, menghindari stress dan mengkonsumsi makanan sehat adalah salah satu cara untuk mengatasi permasalah kulit.