Cara Membuat Kain Waxing Sendiri di Rumah - Anis Muafiyah
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Kain Waxing Sendiri di Rumah

Ada banyak metode dan perawatan yang bermanfaat buat menyingkirkan rambut- rambut halus di kulit tubuh. Mulai dari mencukur, mencabut, memakai krim perontok, perawatan laser, ataupun waxing.

Cara Membuat Kain Waxing Sendiri

Nah salah satu metode yang sangat terkenal buat menyingkirkan rambut- rambut halus di tubuh yaitu waxing. Tidak hanya dapat dilakukan di klinik kecantikan, waxing juga dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Ketahui informasi lebih lanjut seputar waxing di bawah ini!

Perawatan Waxing

Waxing yaitu metode mencabut rambut- rambut halus di tubuh sampai ke bagian akar. Waxing bisa dicoba di nyaris semua bagian tubuh termasuk lengan, kaki, punggung, alis, perut, wajah, area bikini dan kaki.

Biasanya, produk waxing yang dijual di toko kecantikan dibuat dari bahan parafin dan lilin. Bahan ini butuh dipanaskan setelah itu dibalurkan ke area kulit dan diberi kain khusus. Sesudah ditunggu beberapa saat, kain ditarik dengan kuat dan menyisakan kulit yang bebas rambut.

Tetapi belum lama, produk sugar wax, yang dibuat dari gula, air serta asam sitrat jadi lebih terkenal. Produk sugar waxing lebih banyak dipilih karna dianggap lebih alami, natural serta tidak begitu menyakitkan disaat digunakan.

Panduan Membuat Kain Waxing di Rumah

Buat mengaplikasikan waxing, umumnya diperlukan kain waxing( strip) yang dapat menarik rambut- rambut sampai ke akar. Tidak hanya memakai kain waxing yang dijual bebas, kamu juga dapat menggunakan kain yang telah tidak terpakai di rumah. Jenis kain yang bisa digunakan adalah:

  • Jeans/ denim
  • Katun
  • Kain muslin

Kain dari bahan katun ataupun denim mempunyai tekstur yang kokoh serta bisa membantu proses waxing. Begitu juga kain muslin, namun kain muslin lebih dianjurkan buat kamu yang mempunyai kulit sensitif. Jauhi tipe kain yang elastis sebab gampang robek disaat proses waxing.

Kemudian untuk membuat kain waxing di rumah, ikuti langkah berikut:

  • Siapkan bahan kain( boleh kain katun, jeans, ataupun kain muslin).
  • Bentuk pola persegi panjang setelah itu gunting kain dengan apik.
  • Cek potongan kain serta yakinkan kain tidak terdapat kerutan ataupun benang yang terlepas.
  • Setrika tiap potongan kain sampai rapi serta kain siap digunakan

Dengan membuat kain waxing sendiri, kalian dapat mengirit biaya perawatan kulit. Tidak hanya itu, kamu juga dapat cuci serta memakainya secara berulang, sehingga tidak menciptakan banyak sampah. Cara ini juga dianggap lebih ramah lingkungan.

Manfaat dan Risiko Waxing di Rumah

Melaksanakan perawatan waxing di rumah mempunyai beberapa manfaat buat diri sendiri. Dikutip dari Healthline, berikut merupakan manfaat waxing di rumah:

  1. Biaya yang lebih murah. Sudah bukan rahasia lagi jika perawatan di salon khususnya waxing tidaklah murah. Harga waxing juga dapat didetetapkan bersumber pada area yang mau dibersihkan. Jika dikerjakan sendiri, bayaran yang dikeluarkan bakal lebih murah.
  2. Bahan yang dipilih lebih aman. Tidak semua salon mempunyai produk yang sesuai dan bebas iritasi pada kulitmu. Tetapi, apabila kamu melaksanakan waxing sendiri di rumah, kamu dapat lebih teliti dalam memilah produk yang bakal digunakan.
  3. Mendapatkan privacy. Melaksanakan waxing di luar kerap kali memunculkan rasa canggung ataupun malu. Jika kamu melaksanakannya sendiri di rumah, kamu dapat merasa lebih aman sebab tidak perlu memperlihatkan bagian tubuh yang akan dirawat pada orang lain.

Tetapi, di samping manfaatnya terdapat pula resiko yang dapat terjadi. Risikonya bahkan dapat lebih parah apabila kamu tidak melakukannya dengan hati- hati. Resiko tersebut meliputi:

  1. Cedera bakar. Cairan wax umumnya butuh dipanaskan saat sebelum dibalurkan di atas kulit. Tetapi, hendaknya kamu tunggu hingga suhunya dingin dulu. Cairan yang sangat panas dapat memunculkan cedera bakar di kulit.
  2. Kulit yang mengelupas. Keadaan kulit yang sangat kering dikala waxing bisa memunculkan resiko kulit terkelupas sebab cairan wax yang digunakan bakal melekat lebih kuat ke area kulit. Hal ini dapat menimbulkan rasa perih serta bengkak pada kulit.
  3. Peradangan. Apabila perawatan waxing dicoba tanpa menjaga kebersihan, bakal ada resiko peradangan dari kuman di sekitar pada kulit. Paling utama bila kalian tidak cuci tangan disaat memulai perawatan.


Melaksanakan perawatan di rumah memanglah dapat jadi opsi buat mengirit pengeluaran. Kamu juga dapat bereksperimen buat menciptakan cara yang sangat aman. Tetapi, jangan lupa buat selalu melindungi kebersihan serta memperhatikan perlengkapan waxing yang digunakan.

Selamat mencoba....