Bahan Pengganti Hydroquinone Untuk Mencerahkan Wajah - Anis Muafiyah
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahan Pengganti Hydroquinone Untuk Mencerahkan Wajah

Hydroquinone, bahan pencerah wajah, saat ini resmi dilarang. Pada dasarnya bahan ini sangat efisien guna menangani hiperpigmentasi, namun sangat keras pada kulit. Efek sampingnya tidak ringan. Apalagi bisa menyebabkan kehancuran kulit akut bila digunakan dalam jangka panjang.

Bahan Pengganti Hydroquinone Untuk Mencerahkan Wajah

Lalu, adakah senjata ampuh lainnya untuk mengalahkan hiperpigmentasi? Pasti saja ada. Ya, hydroquinone dilarang sebagai bahan pencerah wajah, berikut bahan-bahan penggantinya.

Alpha Arbutin

Alpha arbutin mempunyai struktur kimia yang mirip dengan hydroquinone. Sifat senyawa biosintetik murninya gampang larut dalam air, cocok untuk semua jenis kulit, kering serta berminyak. Kandungan ini merupakan ekstrak dari buah bearberry.

Arbutin juga lebih nyaman untuk pemakaian jangka panjang dibanding hydroquinone. Bahan ini bekerja dengan cara menekan perkembangan tyrosinase ataupun melamin warna coklat yang dihasilkan oleh sel melanosit untuk membatasi timbulnya pigmen serta penggelapan warna kulit akibat paparan cahaya matahari.

Efektif, pakai produk ini dengan konsentrasi 5% di dalam produk. Jauhi memakai produk dengan konsentrasi arbutin yang sangat tinggi. Pada sebagian tipe kulit, pemakaian arbutin konsentrasi tinggi bisa menimbulkan infeksi.

Niacinamide 

Niacinamide merupakan salah satu bentuk vit B3. Bekerja dengan membatasi pigmentasi kulit. Bahan ini juga mempunyai daya pelembab yang luar biasa buat kulit. Ini bekerja dengan tingkatkan penciptaan ceramides, komponen penting dari penghalang lipid kulit.

Hal ini bermanfaat buat membantu menciptakan penghalang lipid epidermal pada kulit buat menghindari munculnya transepidermal water loss, ataupun keadaan kulit yang kehabisan cairan. Dampaknya, kulit Kamu bisa mempertahankan kelembapan serta menjaganya tetap terhidrasi lebih lama.

Vitamin C

Siapa yang tidak tahu kandungan yang mencerahkan ini? Kekuatan vit C buat mencerahkan kulit telah teruji. Vit C berasal dari bermacam tipe vitamin serta sayuran. Merupakan antioksidan tinggi yang efisien melawan radikal bebas serta penuaan kulit.

Bentuk vit C yang sangat efektif dan stabil merupakan asam L- askorbat. Bahan ini bekerja sangat efisien dengan konsentrasi 5% ataupun lebih. Lembut di kulit dibanding dengan hydroquinone.

Tetapi, buat kulit sensitif, wajib berhati- hati disaat memakai vit C. Sebab untuk kulit sensitif, vit C bisa menimbulkan iritasi. Sebaiknya, jauhi pemakaian kandungan Vit C di atas 5% buat kulit sensitif.


Ekstrak Licorice

Licorice merupakan bahan alami( akar licorice). Memiliki glabirin yang membatasi tirosinase serta menghindari pigmentasi akibat cahaya UVB.

Kandungan vit B1, B3, B5, serta vit E pada licorice lumayan tinggi sehingga membantu menghidrasi kulit serta kurangi infeksi. Licorice extract juga kerap digunakan buat membantu pengobatan luka serta jerawat pada kulit.

Bahan ini cocok buat semua jenis kulit, termasuk kulit yang sangat sensitif. Sebab licorice mempunyai sifat menyejukkan kulit dan juga lembut di kulit.


Asam Kojic

Asam kojic dibentuk oleh bakteri selama proses fermentasi nasi dalam pembuatan sake. Mirip dengan licorice, asam kojic bekerja dengan cara membatasi aktivitas tirosinase sehingga pembuatan pigmen juga terhambat. Kandungan ini bekerja efisien dengan konsentrasi 1- 4%. Aman juga untuk kulit sensitif.


Retinoid

Retinoid adalah bentuk vit A yang efisien buat menjaga hiperpigmentasi serta penuaan kulit. Retinoid juga cocok buat kulit berjerawat sebab cukup efisien untuk menanggulangi jerawat.

Retinoid mempercepat pembaharuan sel kulit. Dengan demikian, sel kulit mati lebih cepat terkelupas serta digantikan oleh sel kulit muda. Tidak hanya itu, retinoid juga kurangi jumlah tirosinase.

Ada sebagian tipe retinoid, masing- masing dengan konsentrasi berbeda buat bekerja secara efisien. Retinol, bekerja dengan baik pada konsentrasi 4%. Adapalene 0, 1- 0, 3%. Tretino 0, 05- 01.%. Kandungan ini masih aman buat kulit sensitif. Tetapi, ingat untuk selalu menemani penggunaan pelembap sebab retinoid membuat kulit kering.


Asam glikolat

Asam glikolat merupakan AHA yang cocok buat kulit kering dan mengelupas kulit. Pilihan pas buat menanggulangi permasalahan hiperpigmentasi ringan sampai sedang. Ini adalah bahan terbaik buat melindungi kulit dari kerusakan UV.

Asam glikolat juga merupakan agen anti penuaan yang sangat baik. Efisien tingkatkan penciptaan kolagen buat kulit sehingga elastisitas kulit senantiasa terjaga. Kandungan ini sanggup terserap jauh ke dalam kulit serta bekerja sangat cepat sebab molekulnya sangat kecil.

Umumnya produk yang memiliki asam glikolat memakai konsentrat dalam batasan aman ialah 5- 8%. Tetapi, buat pemula lebih baik memakai produk dengan tingkat yang lebih rendah. Sebab asam ini tetap dapat merangsang iritasi untuk kulit sensitif.


Ini 7 bahan yang dapat Kamu pilih sebagai pengganti hydroquinone. Semuanya jauh lebih aman serta lembut di kulit. Jadi mana yang mau Kamu coba?