Pentingnya Melakukan Afirmasi Positif Setiap Hari - Anis Muafiyah
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Melakukan Afirmasi Positif Setiap Hari

Pernah tidak disaat sedang merasa down ataupun menghadapi sesuatu tantangan, kamu tetap berupaya memberikan semangat pada diri sendiri? Nah, itu tandanya kamu lagi membagikan afirmasi positif kepada diri. Tanpa kamu sadari, tiap kalimat positif yang kamu ucapkan disaat itu bakal memberikan kekuatan pada dirimu untuk menghadapi keadaan.

Pentingnya Melakukan Afirmasi Positif Setiap Hari

Afirmasi positif merupakan pernyataan- pernyataan positif yang diucapkan berulang kali kepada diri sendiri( self- talk), yang bermanfaat buat membentuk pola pikir positif serta menghilangkan pikiran negatif. Pernyataan ini bisa berupa inspirasi ataupun kalimat- kalimat yang mengingatkan diri pada hal- hal yang boleh ataupun tidak dilakukan sehingga membantu kita memperkuat sikap baik.

Awalnya, hal mengenai afirmasi positif dipopulerkan oleh Claude Steele pada akhir tahun 1980- an. Ini merupakan teori psikologi yang berfokus pada gimana orang beradaptasi dengan informasi ataupun pengalaman yang mengancam konsep diri mereka.

Nah, beberapa manfaat yang didapatkan dengan mengucapkan afirmasi positif antara lain:

Mengurangi kecemasan dan stres

Dengan mengucapkan afirmasi positif pada diri sendiri secara teratur, maka kamu bisa mengurangi gangguan kecemasan serta tekanan pikiran. Karena, bila kamu yakin dirimu sanggup melewati tantangan yang saat ini ada di depanmu, maka kamu bakal terlepas dari perasaan- perasaan negatif yang jadi penghambat.

Melakukan afirmasi positif memanglah bukan hal yang gampang. Namun mengucapkan hal- hal baik tentang diri sendiri secara konsisten tiap hari, secara tidak langsung bakal sangat membantu mentalmu.

Tingkatkan kesehatan fisik

Dengan mengaplikasikan afirmasi positif, kamu dapat tingkatkan kesehatan fisikmu. Karena, afirmasi positif membuat kamu jadi lebih paham kalau badanmu merupakan hal yang berharga sehingga kamu butuh menjaganya dengan menciptakan kebiasaan yang baik. Misalnya dengan mengafirmasi tubuh untuk merasa lebih sehat serta fresh kala kamu olahraga serta menikmati makanan yang sehat. Ini dapat jadi salah satu hal yang memotivasi kamu, lho.

Tingkatkan rasa cinta pada diri sendiri

Tidak ada orang yang dapat menyayangi dirimu dengan lebih, selain kamu sendiri. Nah, dengan mengucapkan afirmasi positif tentang siapa kamu, identitas dirimu di mata pencipta, dan sebagainya kamu bisa menanamkan rasa cinta yang lebih banyak pada dirimu sendiri.

Bukan berarti jadi orang yang egois, namun kamu betul- betul mengatakan betapa kamu merupakan orang yang layak buat dicintai, kamu berharga, serta pantas untuk menerima kasih sayang yang tulus. Sehingga kamu juga perlu menyayangi dirimu sendiri saat sebelum akhirnya kamu menerima cinta dari orang lain.

Tingkatkan rasa percaya diri

Memberikan afirmasi positif pada diri sendiri nyatanya dapat tingkatkan rasa percaya diri. Karena, tiap kalimat yang kamu ucapkan bakal terdengar oleh dirimu, masuk ke dalam pikiran, dan itu akan menolong kamu melawan apa kata orang tentang siapa kamu.

Kalian merupakan apa yang kalian yakin serta bukan apa yang orang lain katakan tentang kamu. Sehingga, kamu menyadari betul apa yang dapat kamu lakukan dan tidak membandingkannya dengan keahlian ataupun kemampuan orang lain. Karena, yang sangat memahami potensimu adalah kamu sendiri.

Menghindari prasangka buruk

Tujuan dari afirmasi positif merupakan buat menolong seorang mendapatkan kemajuan, semangat, dan perubahan saat menjalankan kegiatan tiap hari. Dengan demikian hal ini juga bisa menjauhkan kamu dari prasangka kurang baik maupun overthinking disaat mengalami suatu yang terjadi di luar kendalimu.

Disaat kamu dapat lebih tenang dan menerima apa yang lagi kamu hadapi, kamu bakal fokus pada perbaikan serta apa yang mesti dicoba bila ada kesalahan. Bukan fokus pada kesalahannya dan berujung menyalahkan diri sendiri karna hal itu terjadi.

Bawa kesuksesan

Percaya ataupun tidak, afirmasi positif bisa membuka pintu kesuksesan. Karena, dikala kamu secara konsisten melakukan afirmasi positif, kamu bakal lebih fokus buat menata serta mengejar tujuan hidup kamu. Cuma tinggal menunggu waktunya saja, keberuntungan itu akan mendatangi kamu.


Nah, seperti itu pengertian dari afirmasi positif dan beragam manfaatnya. Jangan lupa baca artikel lainnya di blog anismuafiyah.my.id yah...