Mengenal Bahaya Kulit kering, Cegah dengan Tips Berikut ini - Anis Muafiyah
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Bahaya Kulit kering, Cegah dengan Tips Berikut ini

Kondisi kulit sering terjadi akibat terkena paparan debu, polusi, atau berada di ruangan ac seharian. Bahkan kandungan kimia yang ada pada sabun mandi, parfum, hingga deterjen juga dapat membuat kulit menjadi kering. 

Namun, nggak perlu khawatir karena kondisi kulit kering dapat diatasi dengan berbagai cara alami berikut ini

Mengenal Bahaya Kulit Kering 

Mengenal Bahaya Kulit Kering


Kondisi kulit kering menimbulkan sensasi rasa perih dan tertarik. 

Selain itu, kulit kering juga akan membuat tampilan menjadi kusam, tekstur yang kasar, dan bersisik. 

Bila dibiarkan tanpa melakukan perawatan kulit kering dapat menimbulkan rasa gatal pada kulit. Kondisi ini bisa menyebabkan kulit jadi lebih mudah luka, lecet, dan rentan dengan kuman penyebab penyakit. Untuk itu, penting untuk mencegah terjadinya kondisi kulit kering. 

1. Pastikan Tidur Cukup

Rata-rata waktu tidur yang di butuhkan adalah 7-9 jam setiap hari. tidur yang cukup dapat meningkatkan aliran darah serta membantu produksi kolagen kulit dan mengurangi kerutan di wajah. 

2. Hindari Cuci Muka Berlebihan

Mencuci muka memang di anjurkan karena dapat membantu membersihkan kulit dari kotoran-kotoran . Namun, Sebaiknya kamu hanya  mencuci muka dua kali sehari yaitu saat pagi hari dan malam hari sebelum tidur. 

Mencuci muka secara berlebihan bisa membuat kulit kehilangan minyak alami di wajah dan mengurangi kelembapan alami kulit. 

3. Gunakan Air Mandi yang Tidak Terlalu Panas 

Mandi dengan air panas memang banyak manfaatnya salah satunya meredakan rasa lelah. Namun, mandi dengan air dengan suhu yang terlalu panas justru dapat mengganggu kelembapan alami kulit.  Namun mandi dengan air panas pada saat cuaca dingin dapat merusak epidermis kulit. 

4. Minum Air Mineral

Meski butuh penelitian lebih lanjut untuk menguji tentang hal ini. minum air memang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan akan tapi manfaat untuk menghidrasi kulit belum bisa dibuktikan. 

5. Kurangi Makanan Manis 

Makanan manis bisa menyebabkan kulit dehidrasi. Hal ini di sebabkan kandungan gula di dalamnya yang tinggi bisa meyebakan kulit lebih mudah berkerut, dan kering.

6. Gunakan Produk Perawatan yang Tepat

Produk perawatan kulit juga memiliki dampak besar pada kondisi kulit. Pilih kandungan skincare yang lembut di kulit dan pastikan mampu melembapkan kulit. 

Mulai dari serum, facial wash, hingga krim pelembap. Selain itu, jangan lupa untuk memakai sunscreen setiap hari untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung


Itu tadi tips untuk mncegah kulit kering yang bisa kamu terapkan mulai sekarang. Jangan abaikan masalah kulit kering ya,