Isi Seserahan Penikahan Yang Perlu Kamu Persiapkan - Anis Muafiyah
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Isi Seserahan Penikahan Yang Perlu Kamu Persiapkan

Pada saat acara lamaran ataupun pernikahan umumnya ada prosesi pemberian hantaran seserahan pernikahan. Tradisi yang sudah lama dilakukan sejak dalu ini menjadi prosesi wajib dalam setiap kegiatan pernikahan.

Apa saja isi seserahannya?

Untuk soal isi seserahan bisa jadi masih banyak yang bertanya- tanya sebenarnya apa saja sih isi seserahan pernikahan dan apa saja item- item yang perlu dipersiapkan.

Isi seserahan pernikahan yang umumnya dibawa sebagai hantaran dari keluarga laki- laki untuk sang wanita sebagai simbol bekal untuk kehidupan kelak sang wanita.

Isi Seserahan Penikahan Yang Perlu Kamu Persiapkan


Perlengkapan Sholat atau Ibadah

Sebagai bekal untuk sang perempuan agar jadi pendamping dan istri yang sholehah, maka sang laki- laki biasanya selalu menyiapkan hantaran perlengkapan ibadah ini. Sebagai bentuk dan simbol bimbingannya nanti pada sang istri. Buat isinya dimulai dari Rukuh, sajadah, dan Al– Quran atau Kitab suci.


Perlengkapan Mandi

Umumnya perlengkapan mandi yang di bawa pada proses seserahan ini dimulai dari sabun, shampo, handuk, shower puff, produk perawatan badan, dan wewangian.


Pakaian Dalam

Pakaian dalam juga jadi isi seserahan pernikahan yang butuh disiapkan nih. Untuk isinya mulai dari satu set underwear, lingerie serta juga baju tidur. 

Namun biasanya pihak perempuan sudah memilihkan barang– barangnya dan kemudian diserahkan pada pihak laki- laki untuk dihias ke dalam kotak seserahan supaya lebih cantik.


Perlengkapan Makeup

Nah untuk perlengkapan yang satu ini umumnya si perempuan sangat concern nih, jadi biarkan para wanita yang menentukannya. 

selain itemnya cukup banyak serta belum pasti laki- laki paham, umumnya para perempuan mempunyai brand khusus yang berbeda– beda buat tiap produk kosmetik yang dipakai.

Jadi para laki- laki sebaiknya kamu duduk manis saja buat mempersiapkan items yang satu ini.


Perhiasan

Seserahan pernikahan berupa Perhiasan ini mempunyai makna bersinar dan penuh harapan. 

Akan tetapi untuk perhiasan dalam prosesi seserahan dapat disepakati bersama sesuai dengan budget yang kamu milikki. Bila si perempuan membutuhkan, dan pihak laki- laki bisa bersedia dan menerima maka hantaran perhiasan dapat jadi isi seserahan pernikahan yang akan diserahkan.


Perlengkapan Pesta

Perlengkapan pesta ini bermacam– macam isinya. Mulai dari kebaya da kain, heels, tas, dress, sampai jam tanggan.


Makanan dan Buah- buahan

Sebagai bentuk hantaran ngga komplit rasanya tanpa ada makanan serta buah– buahan. Untuk sebagian tradisi adat misalnya betawi harus mempersiapkan roti buaya dan juga ada sebagian adat- istiadat yang membawa makanan manis agar garapan kehidupan calon mempelai nanti selalu manis.


Berapa kotak seserahan pernikahan yang perlu disiapkan?

kotak seserahan pernikahan


Buat jumlah kotak seserahan sebenarnya ngga ada ketentuan wajib. Semuanya dapat dicocokkan oleh kesepakatan bersama. Akan tetapi ada sebagian adat- istiadat seperti Jawa yang umumnya memberikan kotak seserahan berjumlah ganjil( 5, 7, 9, 11)


Isi seserahan pernikahan ini sesungguhnya ngga ada item wajib banget yang harus sama. Balik lagi seluruh isi seserahan pernikahan di dalamnya dicocokkan dengan budget kamu juga. 

Seserahan yang jadi hantaran dari pihak laki- laki ini umumnya berisi beberapa barang kebutuhan si calon mempelai perempuan, yang nantinya akan dipakai oleh si perempuan. Jadi dapat dikatakan isi barang- barang seserahan pernikahan ini simbol bekal dikehidupan untuk si perempuan nanti.


Tips yang bisa Saya berikan, sebaiknya si perempuan memastikan benda apa saja yang mau dijadikan isi seserahan. Sebab jika semuanya diserahkan pada pihak laki-laki khawatir barang- barang yang dibeli tidak pas dengan keinginanmu.

Ataupun bila mau memberi kewajiban hingga si perempuan bisa memberikan daftar isi seserahan pernikahan yang di idamkan ataupun jenis- tipe produk tertentu yang biasa kamu gunakan sehingga mempermudah si laki laki untuk mencarinya.


Oh iya, seserahan perkawinan bukan hanya buat perempuan loh, tetapi ada juga isi seserahan perkawinan laki- laki yang umumnya jadi prosesi simbolik tukar seserahan antar keluarga.


Buat isi seserahan laki- laki umumnya lebih simpel serta tidak sebanyak isi seserahan perempuan. Isi seserahan laki- laki mulai dari parfum, dompet, pakaian kerja atau formal, jan tangan, sampai sepatu. Terkait si perempuan mau membagikan apa saja sebab sesungguhnya isi seserahan buat laki- laki tidak wajib.