Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengurangi dan Menghilangkan Kecanduan Pada Diri Sendiri

Bagaimanakah cara menghilangkan kecanduan yang dialami oleh diri sendiri misal kecanduan maen game? 

Perkara kecanduan ini emang keliatannya sepele banget yah gaes, tapi kalau di tanya ya nga semua orang bisa ngejawabnya. Kecanduan bisa dalam hal apa saja baik yang disadari ataupun yang tidak disadari. 

Mulai dari hal kecil semisal maen game misalnya sampai kecanduan hal yang berbahaya seperti kecanduan narkoba.

Kalau sudah kecanduan cenderung susah untuk menghilangkan candunya sebab adanya substansi di dalam otak yang tingkatkan ambang toleransi sehingga membuat kita membutuhkannya dalam jumlah lebih banyak supaya dapat dirasakan efeknya. 

Tetapi walaupun begitu dengan cara yang pas maka kecanduan dapat dikurangi bahkan diatasi. Inilah beberapa cara dan tips supaya dapat mengurangi serta menghilangkan kecanduan yang kita rasakan.


Hindari Objek yang Jadi Candu

Tips Mengurangi dan Menghilangkan Kecanduan Pada Diri Sendiri


Tips yang pertama adalah dengan menghindari objek maupun benda yang jadi candu. Misalnya kecanduan merokok maka setiap ada benda tersebut maupun orang yang merokok hendaknya carilah tempat lain supaya tidak tergoda untuk melakukannya.

Akan lebih baik lagi jika bisa mencari sahabat yang mempunyai kebiasaan berkebalikan dengan apa yang jadi candu tersebut. Contohnya untuk menghilangkan kecanduan rokok memperbanyak berteman dengan mereka yang tidak merokok.


Mengalihkan Perhatian

Cewek Memasak


Kecanduan terhadap suatu sangat bisa jadi dimulai dengan minimnya kegiatan penting yang dijalani seorang. 

Misalnya masa liburan kuliah yang lumayan panjang membuat mahasiswa cenderung tidak mempunyai banyak aktivitas. 

Oleh karena itu kala mempunyai waktu yang senggang serta mulai tergoda pada suatu yang menimbulkan kecanduan mengalihkan pada kegiatan yang lain. Contohnya memasak, berkebun, melukis serta sebagainya.


Lakukan Olahraga

Mengurangi Kecanduan dengan berolahraga


Melalui berolahraga maka hormon endorfin yang menimbulkan rasa bahagia bakal dilepaskan oleh tubuh.

Dengan demikian maka seorang sudah merasa senang tanpa membutuhkan sesuatu yang membuatnya jadi candu. Di samping itu berolahraga secara teratur telah jelas bakal tingkatkan imunitas badan serta kesehatan kita.


Pahami Kalau Candu Dapat Menimbulkan Masalah

Candu Menimbulkan Masalah


Kecanduan dalam hal apapun sebenarnya dapat mendatangkan permasalahan serta bahaya di kemudian hari. 

Sekalipun yang jadi candu tersebut bukanlah suatu yang negatif. Kecanduan minum kopi misalnya dapat memicu terjadi permasalahan pada asam lambung sehingga akan mengganggu kesehatan.

Oleh karena itu tanamkan pemahaman dan kesadaran pada diri sendiri kalau apapun itu kalau sudah sampai kecanduan hanya akan mendatangkan permasalahan. 

Dengan begitu lama kelamaan seorang akan dapat kurangi kecanduannya terhadap suatu jika tidak mau memperoleh masalah di kemudian hari.

Baca Juga Jangan biarkan Stress Menganggu, Begini Cara Menghilangkan Stress

Perlahan Ubah Kebiasaan

Perlahan Ubah Kebiasaan


Kecanduan memanglah tidak dapat dihilangkan dalam waktu singkat membutuhkan proses yang bisa saja lumayan panjang. 

Tidak perlu memaksakan diri, jalani secara perlahan dengan mengubah hal yang jadi candu jadi suatu yang lebih baik.

Misalnya jika umumnya minum kopi satu hari 5 kali maka lama- lama mengurangi jadi 3 kali serta selebihnya ubah dengan minum air putih yang lebih sehat. 

Lama- lama akan tercipta kebiasaan baru dimana candu yang tadinya dirasakan lama- lama akan menurun dan menghilang.


Lakukan tips menghilangkan kecanduan seperti yang disebutkan di atas dengan bertahap dan perlahan- lahan. Semua perlu proses termasuk buat menghilangkan kecanduan terhadap sesuatu. Apabila perlu, kunjungi dokter spesialis kesehatan mental biar bisa menangani kecanduan dengan lebih baik.