Kamu Harus Paham, Ciri Jerawat Karena Tidak cocok dengan Skincare - Anis Muafiyah
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kamu Harus Paham, Ciri Jerawat Karena Tidak cocok dengan Skincare

Pada dasarnya, menjaga kesehatan kulit adalah salah satu hal penting yang perlu kamu lakukan. Sebagian orang menjaga kesehatan kulit dengan memakai berbagai macam produk skincare.

Siapa sangka, produk skincare yang dipakai juga bisa merusak kulit dan membuat menjadi lebih parah. Hal ini terjadi karena kesalahan dalam memilih produk skincare,

Ketika memutuskan untuk membeli skincare, Kamu perlu mengetahui kondisi kulit terlebih dahulu. Dengan mengetahui hal tersebut, dapat mempermudah kamu untuk menemukan skincare yang tepat.

Ciri Jerawat Karena Tidak cocok dengan Skincare

Dengan memilih Skincare yang tepat, Kamu akan mendapat hasil yang maksimal dari penggunaan skincare.

Sebaliknya, bila kamu memilih produk skincare yang tidak cocok dengan jenis kulit, kamu akan mengalami masalah kulit yang lebih parah dari sebelumnya, seperti kulit berjerawat lebih dari biasanya.

Sebelum membahas ciri jerawat karena tidak cocok menggunakan skincare, yuk ketahui perpedaan jerawat breakout dan purging agar kamu tidak salah..

Perpedaan Purging dan Breakout

Perpedaan Purging dan Breakout


Purging adalah kondisi kulit yang mengalami reaksi akibat penggunaan produk skincare, Sedangkan break out umumnya reaksi ketidakcocokan kulit dengan produk skincare yang di gunakan. yang membedakan keduanya adalah penyebab dan berapa lama jerawat hilang dari wajah.

Reaksi purging umunya muncul di tempat yang pernah di tumbuhi sebelumnya, Jerawat yang mencul akibat purging biasanya akan cepat hilang di bandingkan jerawat break out.

Purging mengakibat pergantian sel, Ini menyebabkan kulit akan melepaskan sel kulit mat lebih cepat, sehingga kulitmu akan lebih bersih dan awet muda.

Namun sebelum hal tersebut terjadi, minyak berlebih, sebum dan serpihan kulit mati akan lebih naik ke permukaan yang mengakibatkan penumpukan kotoran, hal inilah kenapa purging menimbulkan jerawat.

Sedangkan breakout merupakan reaksi kulit karena ketidak cocokan dengan produk skincare yang kamu gunakan, Apabila skincare yang kamu pakai tidak mengandung bahan eksfoliator yang bisa memicu perantian sel kulit, maka kemungkinan besar itu adalah beakout.

Namun selain dari pemakian produk breakout juga terjadi karena beberapa hal seperti strees hingga pola makan yang tidak sehat. Umunya jerawat breakout muncul di area kulit yang belum pernah berjerawat sebelumnya. Selaian itu jerawat break out muncul dalam jumlah besar dan membutuhkan waktu sekitar 8-10 hari untuk muncul, matang kemudian menyusut.

Bagaiman Cara Mengatasinya

Ketika mengalami purging kulit akan menjadi lebih sensitif kamu harus sabar hingga proses purging selesai. sementara ketika kamu mengalami breakout yang harus kamu lakukan adalah menghentikan pemakaian skincare, serta hindari skincare yang memilikki kandungan seperti alcohol, silicon dan lonolin karena kandungan tersebut bisa menyebabkan iritasi.

Berikut tips yang bisa kamu lakukan ketika mengalami purging:
  • Mencuci wajah rutin 2 kali sehari serta hindari mencuci muka terlalu lama karena bisa mengakibatkan kulit menjadi kering.
  • Jangan memencet jerawat karena hal tersebut bisa mengakibatkan peradangan yang lebih parah.
  • Mengurangi makanan yang memiliki glikemik tinggi karena bisa mengakibatkan tumbuhnya jerawat
  • Memakai tabir surya saat keluar rumah

Ciri jerawat karena tidak cocok dengan skincare

jerawat karena tidak cocok dengan skincare

Setelah penjelasan di atas mengenai purging dan break out kamu harusnya sedikit paham tentang jerawat break out yang timbul karena ketidak cocokan menggunakan skincare, numun untuk memperjelas agar kamu lebih paham, Berikut ciri ciri jerawat yang muncul akibat tidak cocok dengan produk skincare:

1. Perhatikan lama jerawat yang muncul

Ketika kamu memakai skincare namun jerawat yang muncul tidak hilang selama 4-6 minggu ini merupakan tanda skincare tersebut tidak bekerja baik di kulitmu. Hal yang harus kamu lakukan adalah berhenti memakai produk tersebut agar kulitmu tidak semakin parah.

2. Perhatikan area tumbunya jerawat

Seperti yang saya sudah jelaskan di atas salah satu tanda breakout adalah jerawat yang muncul pada area yang pernah di tumbuhi jerawat. Kalau kamu mengalami hal tersebut kemungkinan kamu tidak cocok memakai skincare tersebut.

Hal yang harus kamu lakukan apabila muncul jerawat ketika memakai suatu produk sebaiknya hentikan dulu pemakaian produk tersebut, perhatikan jerawat tersebut apa lekas membaik atau tidak, Jika tidak hilang lebih baik ganti produk skincare kamu.

Itulah ciri jerawat karena tidak cocok memakai skincare, kamu wajib banget memilih skincare yang sesuai dengan jenis kulitmu. Selalu cek kandungan apa saja yang ada dalam skincare tersebut, Kamu juga bisa baca artikel saya mengenai kandungan skincare yang tidak boleh di campur pemakaiannya.

Semoga bermanfaat, Salam Glowing 😊