Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

List yang harus dipersiapkan untuk pernikahan

Pernikahan merupakan ceremoni pengikatan janji nikah yang  dilaksanakan oleh 2 orang dengan arti meresmikan hubungan pernikahan dengan cara norma agama, norma hukum, serta norma sosial. Ada beberapa hal yang butuh diperhatikan serta direncanakan saat sebelum melakukan seremoni dan resepsi pernikahan. Apa saja? 

List yang harus dipersiapkan untuk pernikahan

List yang harus dipersiapkan untuk pernikahan


1. Persiapkan baju pernikahan dan baju untuk kedua keluarga

Persiapkan baju pernikahan dan baju seragam kedua keluarga



Kamu dapat memastikan mau pakai pakaian pengantin seperti apa. Konvensional ataupun yang modern saja. Termasuk juga warna bajunya, mau tampak soft dengan warna pastel ataupun malah orange yang fresh.

Spesial buat baju seragam keluarga ini ternyata kalau kalian tak jeli, malah justru dapat menghabiskan anggaran. Iya, karenanya kalian wajib pintar- pintar belanja kain ekonomis( dengan mutu yang cukup). Biar bila ditotal anggarannya tidak lebih mahal dari pakaian pengantinmu. 

2. Tentukan vendor yang akan di pakai untuk dekorasi pernikahan

Tentukan vendor yang akan di pakai untuk dekorasi pernikahan



Saat sebelum memutuskan dekorasi, kamu wajib memastikan tema pernikahanmu terlebih dulu. Jika kebetulan kalian pakai jasa WO, kamu dan pasangan dapat langsung bertanya soal tema ke mereka. 

3. Cari juga vendor untuk catering

Vendor catering tegal


Hunting vendor katering wajib kalian lakukan jauh- jauh hari. Biar kamu bisa survei, vendor mana yang makanannya terkenal lezat serta biayanya terjangkau. Untuk itu, saat sebelum DP, yakinkan kalian udah mencicip menu- menunya, ya. 

4. Pilih jasa untuk make-up 

Jasa Make up tegal



Buat jasa make up baik yang untukmu( sang mempelai) dan juga keluargamu, kalian wajib lebih dulu survey. Banyak tanya ke keluarga ataupun saudara yang telah berpengalaman. Umumnya yang kerap direkomendasikan itu lumayan tidak mengecewakan. 

5. Cari Vendor untuk cetak kartu undangan

Vendor untuk cetak kartu undangan



Untuk undangan, jaman kini sudah beraneka ragam sekali desainnya. Ingin yang bercorak soft, ingin yang sekalian dijadikan cenderamata juga ada. Tinggal kalian pilih sesuai selera dan anggaran. 

6. Cari Jasa Fotografer 

Cari Jasa Fotografer



Pernikahan merupakan momen yang penting  oleh sebab itu penting untuk memilih jasa foto untuk acara  pernikahamu, Supaya bisa di liat lain waktu.


7.  Jangan lupa Mempersiapkan hal-hal yang berhubungan dengan administrasi di KUA

administrasi di KUA



Untuk mengurus yang satu ini kalian butuh mempersiapkan beberapa dokumen. Seperti fotokopi KTP, KK, Ijazah, pas foto, hingga materai. Yang pertama kali kalian wajib lakukan adalah mengurus surat pengantar dari RT atau RW. Sehabis itu kemudian kalian dapat mengurus surat lainnya seperti NI, N2, N4, sampai surat keterangan belum menikah di kelurahan tempat tinggalmu. Nah, kemudian kalian dapat menuju ke KUA kecamatan tempatmu tinggal.